Monday , November 20 2017
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Mengubah Format FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data

Mengubah Format FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data

Mengubah Format Fat32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data

lebakcyber.net – Format dari Fat32 merupakan sebuah file sistem yang dibuat pada tahun 1980-an sebagai penerus dari file sistem sebelumnya yaitu FAT. Dulu sebelum adanya file sistem NTFS, biasanya para pengguna komputer menggunakan file sistem FAT32, dan pengguna Windows 9X dan juga Windows Millenium Edition masih sangat bergantun pada file sistem FAT32 tersebut. Dan pada kesempatan kali ini saya akan sharing mengenai bagaimana cara mengubah format FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data yang ada didalamnya.

Fat32 sendiri saat ini sudah jarang digunakan pada sistem operasi terbaru seperti windows 7, windows 8, windows 8.1 dan juga windows 10. Karena file sistem FAT32 tidak mendukung fitur keamanan seperti file permission, enkripsi dan juga sebuah file yang memiliki ukuran 4 GB.

Pada sistem operasi Windows, kita bisa mengubah file sistem dari FAT32 ke NTFS tanpa kehilangan data yang ada didalamnya. Pada windows sendiri ada aplikasi bawaan yang bernama convert.exe. Dimana dengan menggunakan aplikasi ini kita tidak harus melakukan format terlebih dahulu untuk merubah dari file sistem FAT32 ke NTFS sehingga data yang ada didalam harddisk atau media penyimpanan lainnya yang masih menggunakan file sistem FAT32 tidak hilang datanya.

Langkah Merubah File Sistem FAT32 ke NTFS

  • Pertama silahkan buka Command Prompt dan masuk sebagai administrator.
  • Setelah terbuka silahkan masukan perintah dibawah ini :
convert E: /fs:ntfs
  • Perhatikan huruf E pada perintah diatas, itu merupakan partisi dimana kalian ingin merubah file sistemnya dari FAT32 ke NTFS, jadi tinggal sesuaikan saja alamat partisi yang kalian ingin rubah file sistemnya.

Silahkan perhatikan gambar dibawah ini agar lebih jelas mengenai cara merubah file sistem dari FAT32 ke NTFS:

Mengubah Format FAT32 ke NTFS Tanpa Kehilangan Data

Oke jadi seperti itulah bagaiman cara merubah format file sistem dari FAT32 ke NTFS tanpa harus kehilangan data yang ada didalamnya. Semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat bagi kalian ya.

Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial dan juga tips dan trik mengenai komputer lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *