Sunday , June 16 2019
Home / Android / Cara Mengamankan Smartphone Android

Cara Mengamankan Smartphone Android

Cara Mengamankan Smartphone Android

Cara Mengamankan Smartphone Android – Bukan rahasia lagi kalau sekarang ini smartphone sudah menjadi bagian dari hidup kita. Kita sudah terbiasa dimudahkan oleh segala fitur yang tersedia di smartphone, misalnya kemudahan untuk bertransaksi online, berhubungan dengan teman atau saudara, membuka jejaring sosial ataupun bermain game untuk menghilangkan kebosanan.

Agar data yang kamu simpan di smartphone Android lebih aman dan tidak mudah dicuri atau disalah gunakan oleh teman ataupun hacker, lebakcyber.net akan sharing bagaimana cara membuat smartphone Android kamu menjadi lebih aman lagi.

Gunakan Password

Ini yang paling gampang, karena hamper semua orang yang memiliki smartphone pasti menyertakan password atau sandi pada saat akan membuka smartphone, namun bukan berarti tidak ada user yang tidak memberikan password pada smartphone androidnya. Jadi mulai sekarang berikan password pada Androidmu.

Aktifkan Fitur Remote Android

Cara Mengamankan Smartphone Android
foto : pcworld.com

Ok sekarang kamu sudah memberikan password pada smartphone androidmu, namun gimana ceritanya kalau misalnya smartphone kamu hilang dan banyak data sensitif didalamnya? Tenang, untuk masalah kehilangan seperti itu kita bisa memanfaatkan fitur Android Device Manager untuk mengetahui lokasi dan juga bisa digunakan untuk menghapus data yang ada di smartphonemu yang hilang.

Cara untuk mengaktifkan fitur tersebut adalah masuk ke menu setting lalu pilih Google -> Security lalu aktifkan Remotely Locate This Device dan juga Allow remote lock and erase.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi kalau sampai smartphone kamu hilang, kamu masih tetap bisa mengunci ataupun menghapus data di smartphone kamu yang hilang asalkan smartphone kamu masih terhubung dengan internet.

Nonaktifkan pengaturan Unknown Sources.

Cara Mengamankan Smartphone Android
foto : pcworld.com

Kalau kamu mengaktifkan menu Unknown Source, akan ada kemungkinan aplikasi aplikasi berbahaya dapat terinstall secara otomatis di smartphonemu. Misalnya kamu mendownload aplikasi android bajakan yang bukan dari Google Play Store, karena kemungkinan besar aplikasi tersebut sudah dipasangi oleh Trojan ataupun malware yang berbahaya bagi smartphonemu.

Update Terus Sistem Android

Hacker selalu punya banyak cara untuk dapat melancarkan aksinya dengan memanfaatkan celah celah yang ada di sistem operasi Android. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu melakukan update sistem androidmu agar mendapatkan patch dan kemanan yang up to date.

Oke itulah beberapa cara untuk mengamankan smartphone androidmu dari program berbahaya dan juga orang orang usil yang kepo sama isi dari smartphone androidmu. Semoga tips dan trik diatas dapat bermanfaat bagi kamu semua ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *