Friday , August 23 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Mengatasi Google Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka

Mengatasi Google Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka

foto : The Droid Guy

Mengatasi Google Play Store Yang Tidak Bisa Dibuka

lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini lebakcyber akan sharing tips bagaimana mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka di smartphone Android kamu. Mungkin kamu pernah mengalami kendala seperti masalah Play Store yang tidak bisa dibuka, nah dibawah ini adalah solusi untuk mengatasi masalah google Play Store yang tidak bisa dibuka.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Google Play Store tidak bisa dibuka, mulai dari koneksi internet yang jelek sampai sudah menumpuknya cache file yang ada di smartphone Android kamu, daripada penasaran mendingan langsung saja kita ikuti cara mengatasi Google Play Store yang tidak bisa dibuka.

Koneksi Internet Yang Buruk

Faktor pertama penyebab google play store tidak bisa dibuka adalah internet. Koneksi internet yang jelek bisa menyebabkan Google Play Store tidak bisa dibuka, untuk mengatasinya kalian harus cek koneksi internet yang kalian miliki apakah memiliki koneksi yang baik atau tidak.

RAM Sudah Terlalu Penuh

Ram yang sudah penuh bisa menyebabkan Google Play Store tidak bisa dibuka, karena tidak ada lagi ruang di media penyimpanan untuk membuka aplikasi Play Store. Apalagi kalau smartphone kalian hanya memiliki RAM dengan ukuran 512MB. Untuk mengatasinya tutup semua aplikasi yang sedang berjalan agar tersedia RAM untuk membuka aplikasi Play Store.

Menumpuknya Cache.

Faktor selanjutnya adalah karena cache yang sudah menumpuk di smartphone Android kamu. Kalau cache sudah menumpuk dan tidak kamu bersihkan bisa juga berdampak kepada aplikasi Play Store, jadi sebaiknya hapus cache yang ada pada aplikasi Play Store dengan cara masuk ke menu setting – Application – Play Store – dan pilih bersihkan cache.

Android Kamu Sudah di Root.

Melakukan rooting pada smartphone Android memang membuat kamu memiliki kendali penuh terhadap smartphone kamu. Namun sayangnya smartphone yang sudah di root memiliki dampak yang buruk dan salah satunya adalah Google Play Store yang tidak bisa dibuka.

Solusi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Oke kalau kalian sudah tau beberapa penyebab kenapa aplikasi Google Play Store tidak bisa dibuka, sekarang kita bahas mengenai solusinya. Jadi silahkan diikuti ya.

Hapus Cache Google Play Store.

Yang pertama adalah menghapus cache pada aplikasi Google Play Store. Kalau kamu tidak menghapus cache pada Google Play Store akan memberikan pengaruh yang buruk terhadap smartphone android kamu.

Cara untuk menghapus cache pada aplikasi Google Play Store juga cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu setting lalu pilih application dan cari aplikasi Google Play Store, kalau sudah ketemu pilih Google Play Store dan sentuh tombol Hapus Cache yang ada dibagian bawah.

Atur Tanggal dan Waktu Dengan Benar

Yang kedua adalah atur tanggal dan waktu dengan benar pada smartphone Androi kamu, karena kalau pengatur waktu dan tanggal dismartphone kamu salah bisa menyebabkan Google Play Store tidak bisa berjalan dengan baik.

Factory Reset Android Kamu

Yang terakhir adalah melakukan factory reset terhadap smartphone Android kamu. Karena dengan melakukan factory reset, smartphone Android kamu akan kembali pada settingan awal dan aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall akan dihapus agar membuat smartphone menjadi fresh kembali.

Oke itulah beberapa cara bagaimana mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka, semoga tips sederhana ini bisa bermanfaat buat kamu yang mengalami masalah tidak bisa dibukanya aplikasi Google Play Store.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *