Monday , August 26 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / YouTube Kids Tontonan Edukasi Ramah Anak

YouTube Kids Tontonan Edukasi Ramah Anak

foto : YouTube

YouTube Kids Tontonan Edukasi Ramah Anak

lebakcyber.net – YouTube Kids Tontonan Edukasi Ramah Anak. Bertebarannya tayangan di internet termasuk YouTube tentu saja membuat sebagian orang tua menjadi was-was. Orang tua tentu tidak dapat mengawasi anak-anaknya selama 24 jam pernuh untuk menyaring apa yang dilihat oleh anak-anaknya tersebut.

Hal tersebutlah yang menjadi dasar diresmikannya YouTube Kids di Indonesia. Sebenarnya YouTube Kids sendiri sudah ada di Indonesia pada bulan September kemarin. Sebelumnya, YouTube Kids sudah hadir di 38 negara dan sudah dilihat lebih dari 70 miliar kali.

YouTube Kids sendiri mulai diperkenalkan kepada publik pada hari selasa (27/11/2018) di Multivision Tower, Jakarta. Dan YouTube Kids sendiri ditargetkan untuk anak-anak di usia emasnya antara 2 sampai 10 tahun.

Acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Dr. Eka Krishtiyanta Purnama, M.Pd, yang merupakan perwakilan dari Kemendikbud dan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai YouTube Kids dari Fibriyani Elastria selaku Head of Customer Marketing Google Indonesia.

Fibriyani mengatakan bahwa prioritas utama dari YouTube Kids adalah untuk memberikan akses bagi orang tua dan anak-anak Indonesia terhadap koleksi konten yang inspiratif, menghibur, edukatif dan juga ramah bagi keluarga. YouTube Kids memberikan orang tua kontrol dalam memilih konten yang sesuai untuk anak-anak mereka.

Yang membedakan antara YouTube Kids dengan YouTube biasa adalah adanya perpaduan karakter khusus, orientasi horizontal dan kemudahan navigasi bagi anak-anak.

Selain itu juga ada banyak fitur yang dapat membuat orang tua menjadi lebih bisa mengontrol pengguna smartphone yang digunakan oleh anak-anak mereka. Fitur-fitur tersebut antara lain :

  • Pengaturan Suara : Pilihan unuk mematikan latar musik dan efek suara
  • Timer : Pengaturan waktu anak-anak dalam melihat video
  • Penyesuaian berdasarkan usia : Di YouTube Kids memungkinkan orang tua memilh tiga kelompok usia, yaitu pra sekolah, usia sekolah atau semua.
  • Mode persetujuan orang tua : Para orang tua bisa memilih sendiri setiap video dan channel yang dapat dilihat oleh anak-anak mereka.
  • Passcode untuk Anak : YouTube Kids menyiapkan fitur passcode personal untuk mereka.
  • Profil Anak-anak : Para orang tua bisa membuat profil untuk masing-masing anak sampai delapan profil.

Selain itu YouTube Kids juga menjalin kerjasama dengan Komunitas Ayo Dongeng Indonesia dengan mengeluarkan inisiatif Dongeng Yuk, dimana mereka akan menceritakan 34 cerita daerah dari berbagai provinsi yang didongengkan oleh public figure.

Sampai sekarang ini, YouTube Kids tidak menampilkan iklan video yang ditonton, sehingga membuat orang tua tidak perlu khawatir anaknya melihat layanan iklan yang tidak layak untuk dilihat.

Selain itu, konten yang dihadirkan juga benar-benar melalui proses penyaringan baik oleh robot maupun dari tim YouTube sendiri.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *