Sunday , June 16 2024

CEO Youtube Mengundurkan Diri

CEO Youtube Mengundurkan Diri

CEO Youtube Mengundurkan Diri

lebakcyber.net – CEO Youtube Mengundurkan Diri. CEO YouTube, Susan Wojcicki memutuskan untuk mengundurkan diri (resign) dari perusahaan, Kamis (16/2/2022).

Setelah sembilan tahun menjabat sebagai CEO YouTube, posisi Wojcicki akan diganti oleh Neal Mohan yang sebelumnya menjabat sebagai wakil CEO YouTube.

Dalam sebuah memo yang dikirim ke seluruh karyawan, Wojcicki memaparkan alasan ia mengundurkan diri.

“Hari ini, setelah 25 tahun bekerja di sini, saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari posisi saya sebagai pimpinan YouTube. (Saya ingin) memulai lembaran baru dengan berfokus pada keluarga, kesehatan, dan proyek personal yang saya minati,” tulis Wojcicki.

Selama masa jabatannya, Wojcicki menunjukkan performa dan kinerja yang menjanjikan bagi perusahaan.

Dirangkum dari halaman Vox, Jumat (17/2/2023), YouTube memiliki kontribusi yang penting bagi bisnis Google dan Alphabet (perusahaan induk yang menaungi Google, Youtube, dkk), setelah dibeli Google pada 2006.

Pada 2022 lalu, YouTube mampu menghasilkan keuntungan penjualan iklan sebesar 29,2 miliar dollar AS (sekitar Rp 442,2 triliun). Angka tersebut berkontribusi lebir dari 10 persen total keseluruhan pendapatan Alphabet.

Seperti yang disebut di atas, Wojcicki sudah mengabdi di perusahaan selama 25 tahun. Sebelum menjadi CEO YouTube, ia memulai karirnya di Google untuk divisi marketing.

Ia juga membantu Google mengembangkan bisnis periklanan digital. Hingga akhirnya di satu titik, layanan video harus berkompetisi dengan platform YouTube.

Melihat potensi platform tersebut, Wojcicki berargumen bahwa Google harus segera membeli website tersebut. Keputusan itulah yang membuka jalan karir baru bagi Wojcicki untuk menjadi CEO YouTube.

Bagian Dari Cikal Bakal Google

Kepergian Wojcicki sebagai CEO YouTube memberi makna simbolis yang mendalam bagi Google dan dunia teknologi secara umum. Sebab, selama bertahun-tahun, ia menjadi salah satu dari sedikit perempuan yang bekerja di perusahaan raksasa teknologi.

Tidak hanya itu, Wojcicki juga dianggap sebagai bagian dari berdirinya Google. Sedikit kilas balik, pada 1998 silam, Wojcicki sempat menyewakan garasinya di Sillicon Valley kepada dua co-founder Google, Larry Page dan Sergey Brin.

Walau ia sudah menyaksikan bagaimana proses penemuan dari Google saat itu, Wojcicki tidak langsung bergabung untuk bekerja di perusahaan. Setahun setelahnya, ia baru memutuskan untuk bergabung sebagai karyawan ke-16 di perusahaan.

“25 tahun lalu saya memutuskan untuk bergabung (dalam proyek) yang dikerjakan dua mahasiswa lulusan Universitas Stanford yang sedang mengembangkan mesin pencari baru. Namanya Larry dan Sergey,” tulis Wojcicki dalam surat pembukanya.

“Saya melihat potensi dari apa yang mereka kembangkan, tentunya sesuatu yang sangat menggembirakan, dan saat itu perusahaan hanya memiliki sedikit karyawan, tidak ada penghasilan, (tetapi) saya memutuskan untuk bergabung ke dalam tim,” lanjut Wojcicki.
Menanggapi keputusan resign dari Wojcicki, Page dan Brin pun mengungkapkan pendapatnya dalam sebuah surat pernyataan. Keduanya kompak memuji dan bersyukur atas kehadiran Wojcicki di perusahaan.

“Susan memiliki posisi yang unik dalam sejarah Google dan telah memberikan kontribusi yang sangat hebat terhadap produk yang telah digunakan banyak orang. Kami sangat bersyukur untuk apa yang sudah ia kerjakan selama 25 tahun,” ujar Page dan Brin.

Senada dengan kedua co-founder Google, CEO Alphabet Sundar Pichai juga mengapresiasi jerih payah dan kontribusi yang sudah diberikan Wojcicki selama ini.

“Susan telah membuat tim yang luar biasa dan memiliki Mohan sebagai penerusnya, yang telah siap untuk mulai bekerja dan memimpin YouTube menghadapi kesuksesan berikutnya di masa mendatang,” jelas Pichai.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *