Monday , August 19 2019
Home / PHP / Tutorial Belajar PHP : Variabel

Tutorial Belajar PHP : Variabel

Tutorial Belajar PHP : Variabel

Tutorial Belajar PHP : Variabel – Variable merupakan suatu lokasi penyimpanan yang berisikan nilai atau informasi yang nilainya sudah diketahui ataupun belum diketahui. Jadi variable adalah sebuah kode program yang digunakan untuk menampung nilai tertentu.

Nilai dari variable sendiri dapat diisi dengan informasi yang diinginkan dan nilainya juga dapat berubah-ubah sesuai kebutuhan pada saat program dijalankan .

1. Penulisan Variabel di PHP

Di php, penulisan variable harus diawali dengan tanda dollar ($) diikuti dengan nama variable itu sendiri. Minal panjang dari nama variable yang dibuat adalah satu karakter, berikut ini adalah contoh penulisan variable di PHP :

<?php $nama = “Firdan Ardiansyah”;
$web = “LebakCyber.Net”; >;

2. Nama Variabel Bersifat Case Sensitive

Nama variable bersifat case sensitive, itu artinya php akan benar-benar memperhatikan apakah nama variable yang kamu buat menggunakan huruf besar atau kecil. Dan penggunaan huruf besar atau kecil yang berbeda walaupaun dengan nama yang sama akan membuat php menganggap dua buah variable tersebut adalah variable yang berbeda. Contohnya seperti berikut ini :

<?php
$nama = "Firdan Ardiansyah";
$Nama = "Muhammad Ammar";

echo "ini adalah nilai variabel nama $nama";
echo "ini adalah nilai variabel Nama $Nama";
>;

Jadi walaupun kedua variable tersebut memiliki nama yang sama, namun karena adanya huruf besar dan kecil yang berbeda membuat PHP menganggap kedua variable tersebut adalah variable yang berbeda.

3. Variabel Didalam PHP Tidak Memiliki Tipe Data

Tidak seperti Bahasa pemrograman lainnya, di PHP variable yang digunakan tidak perlu didefinisikan tipe datanya (Loosely Type Language). Didalam php, suatu variable bisa diisi dengan data apa saja. Berikut ini adalah contohnya :

<?php
$nama = "Firdan Ardiansyah"; //Variabel dengan string
$umur = 26; //Variabel dengan integer (bilangan bulat)
$nilai = 9.9; //Variabel dengan float (bilangan desimal)

echo "Nama : $nama";
echo "Umur : $umur";
echo "Nilai : $nilai";
>;

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara penulisan variable di php, jangan lupa untuk terus berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar php lainnya. Dan jangan lupa juga untuk share artikel ini ke sosial media kamu, terima kasih.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *