Sunday , September 24 2017
Home / PHP / Tutorial Belajar PHP : Array

Tutorial Belajar PHP : Array

Tutorial Belajar PHP : Array

Tutorial Belajar PHP : Array – Array adalah suatu tipe data yang dapat membuat satu buah variable memiliki beberapa nilai sekaligus.

Untuk pendeklarasian array sendiri bisa dengan menambahkan kata array saat memberikan nilai pada variablenya atau juga dengan menggunakan kurung kotak ([]) diikuti dengan nilai variable didalam kurung kotak tersebut. Biar gak bingung langsung liat aja nih contoh pendeklarasian array di PHP :

<?php

$nama = array('Firdan','Amar','Bilal');

$nama2 = ['Atek','Beno','maspur'];

?>

Pada contoh diatas kita sudah punya variable nama dan nama2 dengan tipe data array, sekarang bagaimana jika kita ingin menampilkan nilai dari variable variable tersebut? Silahkan lihat contoh PHP berikut ini untuk menampilkan nilai array :

<?php

$nama = array('Firdan','Amar','Bilal');

$nama2 = ['Atek','Beno','maspur'];

&nbsp;

print_r ($nama);

echo "<br>";

print_r ($nama2);

?>

Jadi untuk menampilkan nilai array kita bisa menggunakan perintah print_r diikuti dengan nama variable arraynya. Nanti nilai yang ada didalam variable tersebut akan ditampilkan seperti pada contoh berikut ini :

Array ( [0] => Firdan [1] => Amar [2] => Bilal )
Array ( [0] => Atek [1] => Beno [2] => maspur )

Pada saat ditampilkan datanya kamu bisa lihat ada angka 0,1 dan 2. Itu maksudnya nilai yang ada didalam variable array tersebut disimpan dalam kotak-kotak yang setiap kotaknya memiliki nilai yang berbeda.

Sekarang bagaimana jika kita hanya ingin mengambil nilai tertentu saja yang ada didalam variable array tersebut, jadi tidak semua data ditampilkan seperti pada contoh diatas. Oke silahkan ikuti perintah dibawah ini ya :

<?php

$nama = array('Firdan','Amar','Bilal');

$nama2 = ['Atek','Beno','maspur'];

echo $nama[0];

?>

Pada contoh menampilkan nilai tertentu dari variable array seperti pada contoh diatas, saya mengambila nilai dari variable nama yang memiliki nilai Firdan. Sekarang kalau kamu mau mengambil variable nama dengan nilai Amar, maka tinggal kamu ganti saja angka 0 menjadi angka 1.

Itulah penjelasan singkat mengenai Array di PHP, semoga tutorial ini dapat membantu kamu yang sedang mempelajari PHP. Jangan lupa untuk terus berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial mengenai belajar PHP lainnya ya.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *