Sunday , September 24 2017
Home / PHP / Tutorial Belajar PHP If Else

Tutorial Belajar PHP If Else

Tutorial Belajar PHP If Else

Tutorial Belajar PHP If Else – Pada tutorial belajar php kali ini kita akan mempelajari tentang bagaimana cara menggunakan perintah If Else di PHP untuk melakukan pengecekan dari suatu kondisi tertentu. Ada beberapa jenis dari penggunaan If Else di PHP ini, seperti :

  • If
  • If-else
  • If-else-if

Kondisi PHP If

Perintah If di PHP akan dieksekusi jika suatu kondisi bernilai true (benar), berikut ini adalah sintak dari penulisan perintah if di PHP

If(kondisi){
//kode yang akan dieksekusi
}

Misalnya kita memiliki sebuah variabel angka, dan jika variabel angka yang kita miliki itu nilainya berada dibawah 100, maka PHP akan memberikan informasi bahwa variabel angka tersebut memiliki nilai dibawah 100. Maka penulisan perintah If di PHP adalah seperti berikut :

<?php
$angka = 23;
If($angka < 100){ 
Echo “$angka lebih kecil dari 100”; 
} ?>;

Nanti saat file php tersebut dijalankan, outputnya adalah seperti berikut ini :

23 lebih kecil dari 100

Kondisi PHP If-Else

Perintah If-Else di PHP akan tetap dieksekusi walaupun hasil kondisinya itu benar atau salah. Berikut ini adalah sintak dari kondisi If Else di PHP :

If(kondisi){
//kode yang dieksekusi jika bernilai benar
}else{
//kode yang dieksekusi jika bernilai salah
}

Sekarang misalnya kita memiliki variabel angka dan kondisinya jika variabel angka tersebut nilainya dibawah 100 maka PHP akan menampilkan informasi yang menunjukan bahwa variabel angka tersebut nilainya dibawah 100, dan sebaliknya jika variabel angka tersebut nilainya diatas 100 maka PHP akan memberikan informasi bahwa variabel angka tersebut nilainya diatas 100. Maka penulisan If Else di PHP seperti berikut ini :

<?php
$angka=23;
If($angka < 100){ 
Echo “$angka dibawah seratus”; 
}else{ 
Echo “$angka diatas seratus”; } ?>;

Karena pada contoh diatas variabel angka memiliki nilai 23, maka output yang dihasilkan pada saat file PHP dijalankan adalah ;

23 dibawah seratus

Seperti itulah bagaimana cara menggunakan perintah If Else di PHP, jadi perintah If Else bisa digunakan jika kamu ingin mengeksekusi suatu proses berdasarkan kondisi tertentu.
Semoga tutorial belajar php if else ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari PHP, jangan lupa untuk terus berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar PHP lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *