Tuesday , March 26 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Sony Akan Mundur Dari Bisnis Smartphone

Sony Akan Mundur Dari Bisnis Smartphone

foto : internet

Sony Akan Mundur Dari Bisnis Smartphone

lebakcyber.net – Sony akan mundur dari bisnis smartphone. Beberapa waktu lalu perusahaan Sony sempat melakukan pergantian pimpinan, dimana posisi CEO sekarang diduduki oleh Kenichiro Yoshida yang menggantikan Kaz Hirai. Dimasa kepemimpinannya yang baru ini, perusahaan Sony diperkirakan akan mundur dari jajaran bisnis pembuat smartphone.

Dalam rapat yang diadakan pada hari Selasa 22 Mei 2018 kemarin, Yoshida mengungkapkan rencana kerjanya selama tiga tahun kedepan untuk perusahaan tersebut. Dan dari apa yang diterangkan oleh Yoshida, rencana tersebut memiliki fokus pada layanan dan area inti yang bisa mendatangkan untung bagi Sony.

Dikutip dari halaman Phone Arena, Yoshida mengatakan bahwa ada beberapa alasan yang masuk akal bagi perusahaan untuk mundur dari pasar gadget dan melangkah ke dalam layanan.

Dari ucapan Yoshida tersebut memang dirinaya hanya menyebut gadget secara umum. Namun kalau mengacu pada bisnis perangkat konsumen yang paling tidak memberikan untung bagi Sony kemungkinan adalah bisnis smartphone.

Bisnis Sony Mobile sendiri semakin mengalami kemerosotan. Walaupun perusahaan tersebut masih memiliki brand yang kuat dan dikenal di kalangan para pengguna Smartphone, namun perangkat Sony masih belum bisa menarik hati para konsumen.

Misalnya saja pada tahun fiskal 2014 Sony berhasil menjual 39,1 juta smartphone. Penjualan tersebut semakin menurun di tahun-tahun fiskal selanjutnya dimana pada tahun 2015 Sony hanya berhasil menjua 24,9 juta smartphone dan di tahun 2016 kembali menurun dengan hanya berhasil menjual sebanyak 14,6 juta dan terakhir di tahun 2017 berkurang kembali menjadi 13,5 juta unit saja.

Di bisnis game konsol sendiri, PlayStation 4 milik Sony masih menjadi bisnis yang bagus karena pendapatan yang dihasilkannya cukup besar, dari streaming dan lain sebagainya. Walaupun Sony tidak hanya mengandalkan bisnis gaming untuk menyokong nasibnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *