Monday , August 19 2019
Home / The Lounge / Intermezzo / Perbedaan OS Android Dengan iOS

Perbedaan OS Android Dengan iOS

foto : bussinessinsider.com

Perbedaan OS Android Dengan iOS

lebakcyber.net – Perbedaan OS Android dengan iOS. Android dan iOS merupakan dua buah sistem operasi raksasa yang sekarang ini sedang sangat populer di kalangan para pengguna smartphone di seluruh dunia.

Bahkan kedua sistem operasi tersebut juga mampu mengalahkan banyak sistem operasi smartphone lainnya seperti misalnya symbian dan juga BlackBerryOS yang sekarang ini sudah mengalami kebangkrutan.

Sama-sama menjadi sistem operasi yang populer dan juga berpengaruh dalam perkembangan dunia smartphone, lalu sebenarnya apa sih perbedaan dari kedua sistem operasi tersebut? Langsung saja kita bahas yuk.

Kustomisasi Tampilan

Kalau dilihat dari interfacenya, baik sistem operasi Android ataupun iOS memiliki kesamaan berupa gerakan sentuh seperti misalnya menggeser, mengetuk dan juga mencubit. Hanya saja dalam hal kebebasan kustomisasi tampilan user interface (UI) keduanya terdapat perbedaan.

Sistem operasi Android sendiri memungkinkan para penggunanya untuk melakukan kustomisasi tampilan seperti misalnya menambahkan widget dan juga shortcuts pada halaman home, atau bahkan user juga dapat mengubah seluruh tampilannya dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga seperti launcher.

Sedangkan pada sistem operasi iOS, para penggunanya tidak diberikan kebebasan untuk melakukan hal tersebut. Walaupun masih dapat menambahkan widget, namun widget pada iOS tidak dapat dipasang pada halaman home, melainkan hanya di notification bar saja.

Toko Aplikasi

Sekarang ini semua smartphone sudah dilengkapi dengan toko aplikasi yang menyediakan berbagai jenis aplikasi menarik yang dapat didownload oleh para penggunanya. Walaupun keduanya sama-sama memiliki toko aplikasi, namun toko aplikasi yang tersedia pada OS Android berbeda dengan toko aplikasi yang digunakan di iOS.

Smartphone Android dibekali dengan toko aplikasi bernama Google Play yang dapat dengan bebas dan mudah diakses oleh semua smartphone yang menggunakan sistem operasi Android. Sementara untuk iOS sendiri memiliki toko aplikasi bernama App Store yang dapat diakses melalui perangkat buatan Apple saja.

Sharing Data

Berbagi data merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh para pengguna smartphone, baik itu dari HP ke PC, PC ke HP, ataupun HP ke HP. Namun sayangnya hal tersebut akan dirasa sulit untuk dilakukan bagi para pengguna HP yang menggunakan sistem operasi iOS.

Hal tersebut karena perangkat iOS tidak dapat melakukan sharing data ke perangkat lain yang memiliki sistem operasi yang berbeda dengannya kecuali dengan menggunakan aplikasi iTunes.

Jadi tidak heran kalau perangkat iOS sering disebut-sebut sebagai perangkat anti sosial karena keterbatasannya dalam hal berbagi data tersebut.

Sementara itu bagi para pengguna Android sendiri dapat dengan bebas berbagi data, walaupun smartphone yang dituju itu berbeda merk ataupun sistem operasi, pengguna Android masih dapat dengan mudah untuk membagikan datanya.

Asisten Virtual

Seiring dengan berkembangnya perkembangan teknologi sekarang ini, sekarang pengembang sudah memasukan fitur kedalam sistem operasinya dengan asisten virtual pribadi yang dapat memudahkan para penggunanya.

Pengguna dapat membaut perintah apa saja dengan menggunakan bantuan dari asisten virtual tersebut seperti misalnya menelepon seseorang, memasang alarm, membuka aplikas dan lain sebagainya.

Android menggunakan asisten virtual yang diberi nama Google Assistent, sementara untuk iOS menggunakan sistem operasi bernama Siri.

Kedua asisten tersebut memiliki fungsi yang sama, yaiut lebih memudahkan dan juga membantu penggunanya. Namun, Google Assistant lebih menawarkan hal lebih dimana para penggunanya dapat meminta hiburan ataupun permainan, sedangkan Siri terasa lebih kaku dan monoton.

Jadi itulah beberapa perbedaan OS Android dengan iOS. Dengan adanya beberapa perbedaan yang dimiliki oleh kedua sistem operasi tersebut, tentunya kedua sistem operasi ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *