Sunday , June 16 2024

Fitur iPhone Yang Tidak Disadari Pengguna

Fitur iPhone Yang Tidak Disadari Pengguna

lebakcyber.net – Fitur iPhone Yang Tidak Disadari Pengguna. Beberapa vendor smartphone termasuk Apple selalu memberikan update pembaruan pada sistem operasinya secara rutin. Selain melakukan update pada keamanan sistem, hadirnya update pada sistem operasi tersebut juga sering membawa fitur-fitur baru.

Tapi ternyata tidak semua pengguna memperhatikan fitur baru apa saja yang ikut dibawa pada pembaruan tersebut, jadi para pengguna tidak sadar akan adanya fitur yang mungkin saja bisa bermanfaat dan juga bisa membantu untuk menunjang pekerjaannya sehari-hari.

Slash Gear yang merupakan salah satu outlet media melakukan survei kepada 592 responden yang menggunakan smartphone iPhone di Amerika Serikat (AS). Dan hasilnya ada beberapa fitur yang terdapat pada sistem operasi iOS di iPhone yang tidak disadari oleh sebagian kecil pengguna iPhone, beberapa fitur tersebut adalah :

Menonaktifkan Notifikasi

Dari hasil survei yang dilakukan, ada sebesar 9,80% responden mengatakan kalau mereka tidak mengetahui adanya fitur yang bisa menonaktifkan notifikasi yang ada di menu “Pengaturan”. Untuk mengaktifkan fitur tersebut dengan cara masuk ke menu Pengaturan -> Pemberitahuan -> Saran Siri selanjutnya matikan notifikasi pada aplikasi yang diinginkan.

Para pengguna iPhone juga dapat menyesuaikan notifikasi dengan cara mengubah pengaturan untuk pemberitahuan di iPhone.

App Limit

Fitur App Limit bisa digunakan pengguna untuk melakukan pengaturan batas waktu penggunaan pada sebuah aplikasi, dan ternyata sebanyak 25,68% pengguna iPhone tidak mengetahui fitur tersebut. Padahal fitur App Limit itu sudah ada sejak sistem operasi iOS 12 dirilis pada tahun 2018 lalu.

Ekstensi Pada Browser Safari

Slash Gear juga memberikan pertanyaan pada beberapa fitur lainnya, seperti ekstensi yang bisa ditambahkan pada browser Safari. Dan hasilnya, fitur ekstensi pada browser Safari pada smartphone iPhone tersebut tidak diketahui oleh 19,9% pengguna iPhone yang mengikuti survei tersebut.

Fitur ini sendiri bisa ditambahkan dengan cara membuka menu Setting pada browser Safari -> extensions -> More Extension agar dapat melihat berbagai ekstensi yang ada di browser Safari tersebut.

Ringkasan Notifikasi

Fitur ringkasan notifikasi sendiri sebenarnya sudah ada sejak iOS 15. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Slash Gear, fitur tersebut ternyata tidak diketahui oleh sebanyak 15,20% responden.

Fitur tersebut sendiri bisa digunakan untuk membuat sebuah ringkasan notifikasi pada smartphone iPhone, jadi para penggunanya dapat melihat jumlah notifikasi pada periode waktu yang telah ditentukan.

Untuk bisa mengaktifkan fitur App Limit ini bisa diaktifkan melalui menu Settings -> Screen Time pada smartphone iPhone.

Handoff

Fitur selanjutnya yang jarang diketahui oleh para pengguna iPhone adalah fitur Handoff. Berdasarkan hasil survei, ada sebanyak 30,24% pengguna smartphone iPhone tidak mengetahui adanya fitur tersebut.

Fitur Handoff tersebut sebenarnya bisa sangat berguna bagi para pengguna iPhone. Fitur Handoff ini dapat memudahkan pengguna berpindah dari satu perangkat Apple ke perangkat lainnya, contohnya memindahkan data dari iPhone ke iPad.

Fitur Handoff ini bisa diaktifkan pada menu Settings -> General -> AirPlay & Handoff.

Jadi itulah beberapa fitur yang ada pada sistem operasi iOS namun ternyata masih banyak dari para pengguna iPhone yang belum mengetahuinya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *