Sunday , July 5 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Google Tambal Celah Keamanan di Chrome

Google Tambal Celah Keamanan di Chrome

foto : Daily Express

Google Tambal Celah Keamanan di Chrome

lebakcyber.net – Google tambal celah keamanan di Chrome. Apakah kalian salah satu pengguna browser Google Chrome? Kalau ya, sebaiknya segera melakukan update ke versi 80.0.3987.122 yang paling baru, karena kalau belum melakukannya terdapat celah keamanan zero-day pada browser Google Chrome tersebut.

Zero day Vulnerability sendiri merupakan sebuah celah keamanan yang baru saja ditemukan oleh seseorang yang tidak ingin diketahui identitasnya pada sebuah perangkat lunak setelah dirilis. Ada tiga celah keamanan yang ditemukan pada browser Google Chrome yang saat ini dtandai oleh Google sebagai berbahaya. Bahkan salah satunya sempat dieksploitasi oleh para cracker untuk mendapat keuntungan bagi dirinya sendiri.

Pada sebuah postingan blog, pihak Google mengatakan dan juga memberikan informasi lebih detail mengenai tiga celah keamanan yanga ada pada Chrome untuk sementara waktu belum akan dibeberkan, hingga semua pengguna atau sebagian besarnya sudah melakukan update pada browser tersebut.

Advertisements

Dikutip dari halaman Digital Trends, Minggu (01/02/2020). Tujuannya ditundanya pengumuman tersebut agar tetap menjaga ketiga celah berbahya tersbut tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Ini merupakan ketiga kalinya pihak Google menemukan dan melakukan patch pada zero day vulnerability yang ada di Chrome. Sebelumnya kelemahan mengenai zero day pertama ditemukan pada bulan Maret tahun 2019 lalu, selanjutnya yang kedua pada bulan November 2019.

Advertisements

Update Chrome untuk versi 80.0.3987.122 sudah tersedia untuk sistem operasi Windows, Mac, dan juga Linux. Untuk melakukan update, silahkan klik menu tiga titik vertikal yang ada di kanan atas lalu pilih Help tentang Bantuan dan Klik About Chrome atau tentang Chrome. Nantinya browser akan secara otomatis melakukan proses download dan melakukan poses update.

Jadi tunggu apa lagi, bagi kalian yang menggunakan browser Google Chrome sebaiknya segera melakukan update Google Chrome ke versi terbaru yaitu versi 80.0.3987.122 agar kalian terhindar dari hal yang tidak diinginkan yang dapat dimanfaatkan oleh para cracker karena adanya zero day vulnerability pada versi Google Chrome sebelumnya.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Cara Menggunakan Malware Scanner di Google Chrome

Cara Menggunakan Malware Scanner di Google Chrome

Cara Menggunakan Malware Scanner di Google Chrome lebakcyber.net – Mungkin sebagian dari kalian belum ada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *