Thursday , June 13 2024

Google Chrome Masih Jadi Rajanya Browser

Google Chrome Masih Jadi Rajanya Browser

lebakcyber.net – Google Chrome Masih Jadi Rajanya Browser. Google Chrome sampai sekarang ini masih belum tergoyahkan sebagai rajanya browser didunia. Sampai sekarang, browser yang dibuat oleh Google tersebut masih banyak digunakan oleh para pengguna internet dunia.

Berdasarkan statistik terbaru yang didapat dari StatsCounter, Google Chrome berhasil meriah pangsa pasar sebesar 65,3% untuk platform desktop. Tapi yang menarik adalah pertempuran yang saling memperebutkan posisi kedua.

Browser Safari yang dibuat oleh Apple sekarang berada di posisi kedua, namun posisinya tersebut masih rentan untuk disalip oleh Edge, yang merupakan browser yang dibuat oleh Microsoft. Bukan itu saja, masih ada Firefox yang membayangi kedua browser tersebut untuk memperebutkan posisi kedua.

Browser Safari milik Apple berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 9,84%. Sedangkan Edge berhasil menguasai pangsa pasar 9,53% serta Firefox menguasai pangsa pasar sebesar 9,18%.

Tidak dipungkiri memang kalau browser Edge bisa menjadi ancaman yang sangat serius bagi browser Safari untuk memperebutkan posisi kedua. Oleh karena itu pihak Microsoft sendiri sangat getol untuk terus meningkatkan dan mengembangkan browser miliknya tersebut.

Dalam dua tahun terakhir saja, Browser Edge dapat menyalip browser Firefox. Bukan tidak mungkin kalau dalam waktu beberapa tahun kedepan dan dibantu dengan meningkatnya adopsi sistem operasi Windows 11, Browser Edge dapat menggantikan posisi Safari.

Untuk platform mobile sendiri, para penguasanya juga tidak begitu jauh berbeda. Google Chrome masih berdiri menempati posisi pertama sebagai browser yang paling banyak digunakan pada smartphone di seluruh dunia.

Pangsa pasar Chrome mencapai 63,06%. Untuk posisi kedua sendiri masih diduduki oleh Safari yang berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 26,7%. Hal tersebut tentu saja tidak begitu mengejutkan karena banyaknya pengguna smartphone iPhone dan juga iPad yang menggunakan browser Safari yang menjadi bawaan dari sistem operasi iOS.

Untuk posisi ketiga sendiri ada Samsung Internet yang berhasil menguasai pangsa pasar sebesar 5,2% hal tersebut berkat penggunaannya secara default pada smartphone Galaxy. Dan untuk posisi dua terakhir ada Opera dengan pangsa pasar sebesar 1,89% dan UC Browser dengan pangsa pasar 1,57%.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *