Friday , October 23 2020
Home » The Lounge » News » Google Dipaksa Jual Chrome

Google Dipaksa Jual Chrome

foto : Google

Google Dipaksa Jual Chrome

lebakcyber.net – Google dipaksa jual Chrome. Pihak Google sepertinya dipaksa untuk menjual browser Google Chrome serta beberapa bagian dari bisnis iklan yang dimilikinya. Hal tersebut diajukan oleh Departement of Justice Amerika Serikat setelah melakukan investigasi kepada Google.

Opsi tersebut diajukan agar dapat mengurangi kontrol Google kepada iklan digital yang berada di internet. Sebagai informasi tambahan bahwa beberapa bulan belakangan ini pihak Google sudah menarik perhatian dari regulator Amerika Serikat.

Hal tersebut dikarenakan perusahaan teknologi raksasa tersebut memiliki kontrol yang besar di pasaran dan juga Google diklaim menggunakan layanannya sendiri untuk menekan para kompetitor dari pihak ketiga serta mendominasi pasar dari bisnis iklan sampai peta.

Advertisements

Laporan tersebut juga ikut mempengaruhi pertumbuhan bisnis cloud milik Google, termasuk salah satunya rencana mengenai akuisisi Fitbit yang diperkirakan akan semakin memperkuat perusahaan Google tersebut.

Sebenarnya bukan hanya pihak Google saja yang menghadapi investigasi yang sama. Perusahaan-perusahaan teknologi besar lainnya juga seperti Facebook, Apple dan Amazon juga sedang menjalani masa investigasi tersebut.

Advertisements

Komite Antitrust Amerika Serikat mengatakan kalau hal tersebut dilakukan agar dapat mengurangi monopoli dari perusahaan-perusahaan tersebut.

Dikutip dari halaman Gizmochina, dalam laporan tersebut tertuliskan bahwa perusahaan yang memiliki posisi dominan yang absolut dalam hal melakukan pencarian online adalah Google. Itu masing-masing menyumbangkan 81 persen pada kueri penelusuran di komputer desktop serta 94 persen untuk hasil kueri penelusuran umum perangkat seluler di Amerika Serikat.

Hal tersebut bukan hanya terjadi di Amerika Serikat saja, namun di Uni Eropa juga sudah mengambil langkah yang sama walaupun targetnya cukup berbeda. Di Eropa, perusahaan Apple dipaksa untuk membuka akses NFC pada perangkat iPhone agar dapat digunakan oleh pengembang pihak ketiga.

Hal tersebut dilakukan karena Apple dituduh sudah melakukan monopoli NFC pada perangkat iPhone dan juga Apple Watch yang mereka buat hanya untuk pilihan pembayaran di Apple Pay saja, hal tersebut membuat pihak ketiga tidak dapat memanfaatkan fitur NFC yang dimiliki oleh perangkat yang dibuat oleh Apple tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Cara Google Tangani Corona

Cara Google Tangani Corona

Cara Google Tangani Corona lebakcyber.net – Cara Google tangani Corona. Para peneliti yang ada diseluruh …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *