Sunday , June 16 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Beberapa Fitur Baru di iOS 13

Beberapa Fitur Baru di iOS 13

foto : TechRepublic

Beberapa Fitur Baru di iOS 13

lebakcyber.netApple secara resmi memperkenalkan iOS 13 di panggung WWDC 2019. Dan berikut ini adalah beberapa fitur baru di iOS 13 untuk iPhone.

Senior VP of Software Engineering Apple, Craig Federighi mengatakan bahwa iOS 13 membawa peningkatan performa. Dicontohkannya saat dirinya membuka apliaksi dua kali lebih cepat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, demikian juga dengan kemampuan Face ID saat membuat ponsel.

Mengeai fitur, seperti rumor yang sebelumnya sudah beredar bahwa iOS 13 membawa fitur Dark Mode. Semua aplikasi yang dibuat oleh Apple sudah mendukung tampilan Dark Mode tersebut.

Pembaruan akan ditemukan pada Keyboardnya. Perusahaan berbasis di Cupertino ini memberikan fitur swipe seperti yang ditemukan di keyboard SwiftKey dan Gboard. Fitur tersebut jelas akan mempercepat proses pengetikan.

Apple juga menambahkan beberapa kemampuan pada fitur Reminder selain menghadirkan tampilan baru. Tersedia pilihan Today, Scheduled, Flagged dan All untuk memfilter tugas yang ada didalam aplikasi Reminder.

Selain itu, Apple juga menyertakan kecerdasan buatan pada fitur ini. Sehingga secara otomatis menyarankan kapan pengguna ingin diingatkan dan menandai suatu kontak tertentu.

Aplikasi Safari, Note dan Mail juga ikut diberikan beberapa kemampuan baru. Demikian juga Apple Maps yang dikatakan lebih komprehensif dan juga memiliki fitur yang mirip dengan Google Street View. Fitur ini tersedia di Amerika Serikat pada 2019, sementara akan tersedia secara global pada tahun 2020.

Mengikuti jejak WhatsApp, pengguna dimungkinkan menampilkan foto profil dan nama. Pengguna dimungkinkan berbagi nama dan juga foto profil tersebut ke pengguna Message lain. Menariknya dapat menggunakan memoji untuk dijadikan foto profil dan mengirimkan stiker emoji pada aplikasi pesan pihak ketiga.

Apple juga turut memperbarua tampilan aplikasi photos dan melengkapinya dengan machine learning untuk menghapus foto yang terduplikasi. Namun yang lebih menarik adalah Apple menghadirkan fungsi edit foto dan juga video pada aplikasi tersebut.

Pada pengeditan video, pengguna dapat menambahkan highlights, contrast, shadows, white balance, saturation, vignette, definition dan noise reduction ke dalam aplikasi File.

Selain itu tidak ketinggalan Apple juga melakukan peningkatan privasi di iOS 13. Pengguna dapat memilih untuk memberikan data lokasi ke pada aplikasi untuk mencegah mereka di mata-matai. Pengguna dapat login menggunakan Face ID dan membuat akun baru tanpa harus memberikan data personal.

iOS 13 versi developer tidak tersedia saat ini, sementara untuk public beta akan tersedia pada akhir bulan ini. Untuk iOS 13 versi final akan tersedia beberapa bulan lagi di iPhone 6s keatas. Ini artinya iPhone 6 dan iPhone 5s tidak mendapatkan update iOS 13 ini.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *