Monday , November 20 2017
Home / SQLite / Tutorial Belajar SQLite Perintah Where
Tutorial Belajar SQLite Perintah Where

Tutorial Belajar SQLite Perintah Where

Tutorial Belajar SQLite Perintah Where – Pada kesempatan tutorial belajar sqlite kali ini kita akan mempelajari tentang perintah where di sqlite. Perintah Where di SQLite biasanya digunakan bersama dengan perintah SELECT, UPDATE dan DELETE untuk menspesifikasikan suatu kondisi tertentu pada saat mencari datat dari satu tabel atau lebih.

Jika kondisi yang dihasilkan bernilai TRUE, maka akan menampilkan data sesuai dengan kondisi yang dimasukan. Kamu bisa menggunakan perintah WHERE ini untuk mencari suatu data tertentu yang ada didalam satu tabel atau lebih.

Syntax Perintah Where Di SQLite

SELECT kolom1, kolom2, kolomn
FROM nama_tabel
Where [kondisi]

Contoh Perintah Where Di SQLite

Pada contoh kali ini kita akan menggunakan perintah WHERE dengan beberapa operator pembanding dan juga operator logika seperti >, <, =, LIKE, NOT dan sebagainya.
Masih menggunakan tabel siswa yang pada tutorial belajar sqlite sebelumnya sudah kita buat, pertama kita tampilkan dulu semua data yang ada didalam tabel siswa tersebut dengan menggunakan perintah SELECT seperti berikut ini :

SELECT * FROM siswa;

 
Perintah diatas akan menampilkan semua data yang ada didalam table siswa. Sekarang bagaimana jika kita hanya ingin menampilkan data siswa yang memiliki id = 3. Maka perintah select yang digunakan harus ditambahkan dengan perintah WHERE agar dapat mencari data spesifik seperti contoh diatas. Maka perintah di SQLitenya adalah seperti berikut ini :

SELECT * FROM siswa
WHERE id = 3;

Dengan menggunakan perintah diatas, nanti SQLite akan menampilkan siswa yang memiliki id = 3 seperti pada gambar dibawah ini :

Tutorial Belajar SQLite Perintah Where

Contoh Perintah WHERE Dengan Kondisi Like Di SQLite

Pada contoh kedua ini kita akan mencoba mencari data siswa yang memiliki huruf dengan F. Untuk mencari data spesifik seperti contoh tersebut, kita harus menggunakan operator LIKE agar dapat menampilkan datanya. Contohnya seperti berikut ini :

SELECT * FROM siswa
WHERE nama LIKE ‘F%’;

Tutorial Belajar SQLite Perintah Where
Oke SQLite telah berhasil menampilkan siswa yang pada nama awalnya mengandung huruf F. karena didalam tabel siswa tersebut hanya ada satu record siswa dengan nama Firdan Ardiansyah yang memiliki huruf F diawal namanya. Jadi Operator like ini hanya akan menampilkan data yang mengandung huruf atau nilai tertentu saja.

Oke itulah akhir dari pembahasan kita mengenai tutorial belajar SQLite perintah where. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mempelajari database menggunakan SQLite. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar SQLite lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net

Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *