Monday , June 17 2024
Sam Altman Dipecat dari OpenAI
Sam Altman Dipecat dari OpenAI

Sam Altman Dipecat dari OpenAI

Sam Altman Dipecat dari OpenAI

lebakcyber.net – Sam Altman Dipecat dari OpenAI. Sosok dari chatbot ChatGPT yaitu Sam Altman  yang sekarang ini sedang populer di seluruh dunia, secara mendadak dipecat dari perusahaan yang didirikannya sendiri, OpenAI. Para jajaran dari dewan direksi perusahaan yang bergerak di bidang kecerdasan buatan tersebut melakukan pemberhentian kepada Altman pada hari Jum’at (17/11/2023) pada waktu setempat.

Informasi tersebut juga diumumkan secara langsung pada sebuah postingan blog yang dimiliki oleh OpenAI. Didalam pengumuman itu, jajaran direksi mengatakan kalau langkah pemecatan yang dilakukan kepada Altman karena dirinya dianggap kurang begitu terbuka dalam hal komunikasi kepada para dewan direksi OpenAI.

Namun tidak dijelaskan apa yang membuat CEO sekaligus Co-founder dari OpenAI tersebut bisa dianggap seperti itu. Tapi para direksi menganggap kalau sikap Altman tersebut dapat menghambat kemampuan mereka untuk melihat bagaimana kinerja yang sudah dilakukan oleh Altman secara keseluruhan dan juga tanggung jawab dirinya dalam memimpin OpenAI.

Walau begitu, para dewan direksi yang sudah melakukan diskusi dalam segala faktor dan juga alasan sebelum melakukan pemcetan tetap menghargai kontribusi dan juga upaya Sam selama ini selama dirinya memimpin perusahaan OpenAI.

Mira Murati yang sebelumnya memiliki posisi sebagai Chief Technology Officer (CTO) ditunjuk oleh dewan direksi sebagai pengganti Sam untuk bisa mengambil alih pekejerjaan sebagai CEO dari OpenAI sementara waktu ini.

Berdasarkan keputusan dewan direksi, Mira, yang memiliki tanggung jawab pada jajaran kepemimpinan OpenAI yang sudah berjalan selama lima tahun belakangan ini sudah memiliki kemampuan yang memadai dan juga memiliki peran yang penting dalam hal evolusi dan juga perkembangan dari OpenAI.

Para direksi juga menganggap kalau Mira sudah sangat mengerti mengenai budaya kerja dan juga nilai dari perusahaan, dan juga salah satu sosok yang unik untuk dapat menjalankan bisnis dari OpenAI ke depannya untuk waktu yang sementara sampai dewan direksi menunjuk CEO yang paling tepat untuk memimpin perusahaan kecerdasan buatan tersebut.

Sam Membangun OpenAI pada Tahun 2015

Sam Altman bersama-sama dengan Reid Hoffman, Elon Musk dan juga beberapa orang lainnya adalah sosok yang dikenal sebagai pendiri dari perusahaan OpenAI pada tahun 2015 lalu.

Sebelum Sam menjadi seorang CEO dari OpenAI, dirinya adalah pemimpin dari perusahaan inkubasi startup Y Combinator dan juga merupakan sosok yang dikenal sangat aktif pada bidang investasi di Silicon Valley.

Dirinya juga sempat membuat sebuah perusahaan Loopt yang berkecimpung pada bidang media sosial pada tahun 2005 lalu, namun Loopt harus ditutup pada tahun 2012 karena kalah bersaing dengan media sosial yang sudah ada.

Pada saat pertama kali didirikan, dikatakan kalau OpenAI adalah sebuah perusahaan penelitian dan juga penerapan kecerdasan buatan yang memiliki tujuan untuk mempromosikan dan juga mengembangkan kecerdasan buatan yang bermanfaat dan juga bersahabat bagi manusia.

Sekarang ini bisa dikatakan kalau ChatGPT merupakan chatbot yang paling populer di internet, yang berhasil membuat perusahaan teknologi lainnya harus mengembangkan teknologi kecerdasan yang mereka miliki untuk bisa menyaingi ChatGPT, misalnya saja seperti Bard yang dikeluarkan oleh Google dan juga Copilot (dulunya Bing Chat) yang dikeluarkan oleh Microsoft.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *