Sunday , June 16 2024
OpenAI Umumkan GPT-4 Turbo
OpenAI Umumkan GPT-4 Turbo

OpenAI Umumkan GPT-4 Turbo

OpenAI Umumkan GPT-4 Turbo

lebakcyber.net – OpenAI Umumkan GPT-4 Turbo. OpenAI yang merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan kecerdasan buatan atau artificial intelligence pada minggu ini memperkenalkan sebuah large language model dengan versi yang paling baru yang diberinama GPT-4 Turbo.

Seperti halnya dengan GPT-4, GPT-4 Turbo dapat langsung digunakan oleh para pelanggan korporat dan juga para pengembang software dengan melakukan pembayaran untuk berlangganan.

Perbedaan yang paling utama dibandingkan dengan GPT-3 adalah pada kumpulan dataset yang digunakan untuk melakukan pelatihan pada model AI. Pelatihan GPT-3 hanya dilakukan dengan menggunakan dataset sampai bulan September 2021 saja.

Sementara itu untuk GPT-4 Turbo sendiri sudah menggunakan dataset sampai bulan April 2023 yang membuat pengetahuan yang dimilikinya menjadi jauh lebih update dan juga mampu memberikan jawaban sampai dengan batas waktu tertentu.

Dikutip dari halaman CNBC, Selasa (07-11-2023), Sam Altman selaku CEO dari OpenAI mengatakan kalau mereka juga sama dengan kita, atau mungkin lebih kesal karena pengetahuan GPT mengenai informasi di dunia hanya sampai pada tahun 2021 saja.

Mampu Menerima Banyak Input dan Multimodel

GPT-4 Turbo juga diklaim mampu menerima input dengan jumlah yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan versi sebelumnya yang terbatas hanya pada maksimal 3 ribu kata atau dalam hal ini 32 ribu token.

Sedangkan, berdasarkan dari penjelasan OpenAI yang dikutip dari situs resminya, GPT-4 Turbo dapat menerima sampai 128 ribu token atau sama dengan teks dengan jumlah 300 lembat. GPT-4 Turbo juga dapat diminta untuk membuat sebuah rangkuman dari satu buku secara utuh kalau memang diinginkan.

Selain itu juga GPT-4 Turbo memiliki kemampuan untuk multimodel, salah satunya adalah kemampuan untuk membuat sebuah gambar yang terinspirasi dari DALL-E 3 dan juga dapat mengubah teks menjadi sebuah suara (text to speech). Ada 6 preset suara yang tersedia dan juga dapat dipilih oleh para penggunanya.

Pihak OpenAI sendiri mengklaim kalau GPT-4 Turbo juga akan menjadi lebih murah untuk digunakan oleh para developer, nilainya sampai 3 kali lipat jadi lebih terjangkau kalau dibandingkan dengan versi yang sebelumnya.

Biaya untuk penggunaan GPT-4 Turbo sendiri dikurangi menjadi USD 0,01 untuk setiap 1.000 token atau 750 kata. Untuk outputnya sendiri dikenakan biaya sekitar USD 0,03 untuk setiap seribu tokennya.

GPT-4 Turbo ini sudah tersedia dalam versi preview bagi para developer dan rencananya akan dirilis secara luas dalam waktu beberapa minggu kedepan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *