Wednesday , August 5 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Komputer Super Microsoft Untuk Lawan Corona

Komputer Super Microsoft Untuk Lawan Corona

foto : Cnet

Komputer Super Microsoft Untuk Lawan Corona

lebakcyber.net – Komputer super Microsoft untuk lawan corona. Pihak Microsoft sedang membangun sebuah komputer super yang sangat besar agar dapat melakukan segala macam tugas kecerdasan buatan (artificial intelligence). Ini adalah arahan baru untuk layanan cloud miliknya, yaitu Azure.

Dikutip dari halaman Cnet, komputer super ini memiliki 285 ribu core prosesor yang didorong oleh 10 ribu chip grafis untuk OpenAI, yang merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk membantu manusia.

Pihak Microsoft juga mengumumkan kalau mesin supernya tersebut pada konferensi para developer build minggu ini. Sebagai informasi, superkomputer adalah mesin komputasi paling kuat di planet ini dan biasanya superkomputer tersebut digunakan untuk berbagai masalah yang paling berat.

Advertisements

Pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh superkomputer antara lain melakukan simulasi ledakan senjata nuklir, melakukan prediksi iklim Bumi pada masa depan, dan yang paling baru dan sedang gencar-gencarnya dilakukan adalah mencari obat agar bisa melawan penyebaran dari virus corona.

Ciri khas dari superkomputer sendiri adalah memiliki jumlah memori yang sangat besar dan juga koneksi yang sangat cepat antar prosesornya. Hal tersebut memungkinkan superkomputer dapat berkonsentrasi pada masalah tunggal yang lebih rumit secara lebih baik. Microsoft dan OpenAI juga yakin kalau superkomputer raksasa mereka akan mampu memberikan kecanggihan baru untuk kecerdasan buatan.

Advertisements

Microsoft mengatakan bahwa hal ini sangat baik untuk kecerdasan buatan dengan cara memeriksa tiap halaman yang jumlahnya mencapai miliaran teks yang tersedia secara umum. Dan superkomputer ini mampu menyerap nuansa bahasa, pengetahuan, tata bahasa, konteks dan konsep secara mendalam sehingga bisa lebih unggul dalam berbagai tugas.

Adapun tugas-tugas tersebut antara lain melakukan ringkasan pidato yang panjang, menemukan bagian-bagian yang berhubungan pada ribuan file hukum, memoderasi konten dalam sebuah live gaming chat, atau dapat juga menghasilkan sebuah kode dari hasil penjelajahan di GitHub.

Kecepatan superkomputer sekarang ini mencapai dua kali lebih cepat setiap tahunnya berdasarkan keterangan dari para peneliti proyek di Top500. Proyek tersebut menilai sebuah mesin berdasarkan seberapa cepat mereka dapat melakukan tes perhitungan matematika yang disebut dengan Linpack.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Jumlah Peserta Meeting Online di Teams Akan Ditambah

Jumlah Peserta Meeting Online di Teams Akan Ditambah

Jumlah Peserta Meeting Online di Teams Akan Ditambah lebakcyber.net – Jumlah peserta meeting online di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *