Monday , September 21 2020
Home » The Lounge » News » Kominfo Ingin Buat Aplikasi Seperti Zoom

Kominfo Ingin Buat Aplikasi Seperti Zoom

foto : kominfo.go.id

Kominfo Ingin Buat Aplikasi Seperti Zoom

lebakcyber.net – Kominfo ingin buat aplikasi seperti Zoom. Sekarang ini aplikasi teleconference Zoom sedang naik daun, ditengah banyak beredarnya kebijakan mengenai Work From Home atau WFH yang diakibatkan oleh virus corona. Beberapa lembaga pemerintahan ataupun swasta memanfaatkan aplikasi Zoom untuk melakukan diskusi atau melakukan rapat jarak jauh.

Walau begitu tidak sedikit juga mereka yang memberikan penilaian kalau aplikasi yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika tersebut dapat mengancam keamanan dan juga privasi dari para penggunanya.

Menkominfo Johnny G. Plate sepertinya menyadari masalah tersebut dan mengatakan kalau pihaknya sedang mempelajari mengenai model dari aplikasi virtual meeting yang serupa agar nanti Kominfo memiliki aplikasi teleconference yang mereka buat sendiri.

Advertisements

Di sela-sela rapat dengan Komisi I DPR RI yang dilakukan secara online, Selasa (07/04/2020), Johnny mengatakan bahwa pihaknya sedang mempelajari bagaimana cara untuk membuat satu aplikasi sendiri di lingkungan kominfo dan dapat dikendalikan melalui control center kominfo atau pemerintah secara langsung.

Pihak Kominfo juga sedang menjajaki bagaimana cara untuk membangun sistem virtual meeting tersebut, sehingga nantinya keamanan dan juga kerahasiaan negara dapat terjaga dengan baik.

Advertisements

Namun Johnny tidak mengatakan kapan aplikasi yang dimaksud tersebut akan dirilis. Johnny mengatakan bahwa nantinya pihak Kominfo akan memberikan update dengan tujuan untuk menindaklanjuti rencana tersebut.

Dan untuk sekarang ini Jonny mengatakan bahwa pemerintah sudah memiliki model aplikasi virtual meeting alternatif yang di buat oleh perusahaan Telkomsel. Walau tidak disebutkan, aplikasi seperti itu kemungkinan adalah platform dengan nama CloudX.

CloudX sendiri menyediakan sebuah layanan teleconference yang dapat memenuhi kebutuhan untuk pendidikan dan juga corporate, selain itu aplikasi CloudX tersebut mampu menampung sampai 100 orang dalam satu sesi teleconference yang dilakukan.

Aplikasi CloudX tersebut juga sudah dapat didownload dan diakses dengan menggunakan berbagai macam platform, seperti Windows, MacOS, Android dan iOS.

Johnny sendiri tidak mengatakan dengan pasti apa nama aplikasi yang digunakan Kominfo untuk melakukan rapat kerja bersama dengan anggota dari Komisi I DPR RI kemarin. Namun jika memang benar menggunakan layanan Zoom sekalipun, dirinya memastikan kalau semua percakapan akan diawasi dan juga dijaga kerahasiaannya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

24 Ribu Desa Belum Tersentuh Internet

24 Ribu Desa Belum Tersentuh Internet

24 Ribu Desa Belum Tersentuh Internet lebakcyber.net – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menilai implementasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *