Wednesday , February 21 2024

Install LAMP di Ubuntu 22.04

Install LAMP di Ubuntu 22.04

lebakcyber.net – Install LAMP di Ubuntu 22.04. LAMP sendiri merupakan sebuah singkatan dari Linux operating system, Apache web server, MySQL database (atau MariaDB) dan PHP programming language.

LAMP merupakan sebuah software yang dapat digunakan untuk menjalankan sebuah website secara lokal agar bisa menyimpan file website, menampilkan website yang dibuat, menyimpan dan juga memanggil data yang ada didalam database pada sistem operasi Linux.

LAMP merupakan sebuah aplikasi open source sehingga kita bisa secara gratis menggunakannya. Kalau teman-teman sudah menginstall sistem operasi Ubuntu 22.04, artinya teman-teman sudah memenuhi kebutuhan pertama yang diperlukan.

Advertisements

Selanjutnya kita akan belajar untuk menginstall aplikasi LAMP secara bertahap pada sistem operasi Ubuntu 22.04 Jammy Jellyfish.

  • Pertama ketikan perintah dibawah ini secara berurutan untuk memperbarui cache manajer paket di Ubuntu 22.04
sudo apt update
  • Selanjutnya masukan perintah berikut untuk menginstall apache, mysql dan juga php di Ubuntu 22.04
sudo apt install apache2 php-mysql libapache2-mod-php mysql-server
  • Selanjutnya kalau teman-teman ingin webserver berjalan secara otomatis saat sistem operasi ubuntu 22.04 dinyalakan, teman-teman harus mengaktifkan Apache dan juga MySQL pada systemd dengan menggunakan perintah berikut :
sudo systemctl enable --now mysql
sudo systemctl enable --now apache2
  • Selanjutnya masukan perintah dibawah ini untuk mengamankan instalasi MySQL dan memasukan password untuk MySQL dan ikuti langkah-langkah saat proses instalasi mysql berjalan :
sudo mysql_secure_installation
  • Untuk memastikan apakah web server sudah dapat diakses dan PHP berjalan seperti yang diharapkan, silahkan buat sebuah file dengan nama info.php didalam direktori /var/www/html. Dan didalam file infor.php tersebut silahkan masukan perintah dibawah ini :
<?php phpinfo(); ?>
  • Buka browser yang biasa teman-teman gunakan, lalu pada bagian url masukan alamat http://localhost/info.php. Kalau semua berjalan lancar, tampilannya akan seperti pada gambar dibawah ini :

  • Selanjutnya cek service mysql dengan perintah dibawah ini :
sudo service mysql status

Jadi seperti itulah bagaimana cara untuk menginstall LAMP pada sistem operasi Ubuntu 22.04 Jammy Jellyfish dan teman-teman sudah siap untuk mendevelop sebuah website pada sistem operasi Ubuntu, selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *