Friday , May 24 2024
Informasi Ubuntu 24.04 LTS

Informasi Ubuntu 24.04 LTS

Informasi Ubuntu 24.04 LTS

lebakcyber.net – Informasi Ubuntu 24.04 LTS. Ubuntu versi 24.04 LTS (Long-Term Service) dijadwalkan akan dirilis pada tanggal 25 April 2024, Ubuntu 24.04 ini membawa beberapa peningkatan yang ditujukan utuk meningkatkan performa sistem, user interface, keamanan dan juga kompatibilitas dari hardware.

Dengan codename “Noble Numbat”, versi 24.04 ini meneruskan tradisi dengan menyediakan kestabilan dan kekokohan dari sistem operasi dengan dukungan yang lama, menyajikan semua kebutuhan mulai dari pengguna komputer harian, developer profesional bahkan sampai perusahaan.

Kelebihan Ubuntu 24.04

  • Upgrade ke GNOME 46 : Dengan meingkatkan ke GNOME 46, membuat versi 22.04 dari ubuntu ini memiliki peningkatan dukungan pada touch screen, meningkatkan tingkat respon dan juga animasi yang lebih smooth untuk pengalaman user yang lebih baik.
  • Kernel Linux 6.7 atau 6.8 : Meningkatkan support untuk CPU terbaru dan juga GPU, meningkatkan manajemen power untuk laltop, memastikan penggunaan resource yang efisien dan baterai yang lebih lama.
  • Quick Settings : Fitur ini membuat akses pada pengaturan sistem agar lebih efisien.
  • Spread Effect dari Unity : Meningkatkan manajemen windows dan interaksi user interface.
  • Software Center menjadi App Center : Fitur baru yang ditawarkan membuat proses manajemen software dan juga proses instalasi menjadi lebih mudah.
  • Streamlined Installer : Proses setup yang lebih user friendly dan juga meningkatkan dukungan dual-boot.
  • Toolchain Upgrades : Versi terbaru dari GCC, glibc dan LLVM untuk meningkatkan kemampuan development software.
  • Peningkatan Keamanan : Pengenalan fitur TPM-backed full-disk encryption untuk keamanan data yang lebih baik.

Peningkatan di Linux Ubuntu Versi 24.04 LTS

Gnome 46 dan Peningkatan User Interface

Salah satu sorotan penting dari Ubuntu 22.04 adalah penggunaan GNOME 46, yang menjanjikan dukungan touch screen yang lebih baik, meingkatkan respon dan animasi yang lebih smooth.

Peningkatan ini bukan hanya meningkatkan pengalaman user saat menggunakan sistem operasi Ubuntu 22.04, namun juga membuat tampilan menjadi lebih intuitif bagi user yang bertransisi dari Ubuntu versi 22.04.

Kernel Linux 6.7 atau 6.8

Kernel update ke Kernel Linux 6.7 atau 6.8 pada Ubuntu 22.04 merepresentasikan lompatan besar pada dukungan hardware, termasuk kemampuan yang lebih baik dengan CPU dan GPU terbaru.

Upgrade ini sangat penting dalam hal optimasi manajemen power, terutama bagi laptop untuk memastikan penggunaan resource yang lebih efisien dan juga penggunaan baterai yang lebih lama.

Dukungan dan Keamanan yang Luas

Ubuntu 22.04 LTS menawarkan bagi user biasa dukungan selama 5 tahun, sedangkan user Pro bisa mendapatkan dukungan keamanan sampai dengan 10 tahun. Hal ini menunjukan kalau Ubuntu menargetkan pengguna secara luas, mulai dari individu, team kecil sampai perusahaan besar.

Dukungan 5 tahun bagi pengguna biasa dan dukungan 10 tahun bagi user pro menunjukan komitmen jangka panjang dari Ubuntu dalam hal stabilitas, keamanan dan keandalan mulai dari development, production sampai dengan penggunaan untuk sehari-hari.

Upgrade dari Linux Ubuntu 22.04 ke 24.04

Transisi dari Ubuntu 22.04 ke 24.04 LTS siap menawarkan kepada para penggunanya sebuah sistem operasi yang lebih halus, aman, dan juga serbaguna. Walaupun dukungan untuk Ubuntu 22.04 masih akan berlanjut sampai bulan April 2027.

Namun bagi pengguna yang ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam performa sistem, peningkatan user interface, perpanjangan dukungan yang menjadi lebih lama, maka tidak ada salahnya untuk mengupgrde dari Linux Ubuntu 22.04 ke Linux Ubuntu 24.04.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *