Monday , April 12 2021
Home » JavaScript » Input Angka Saja di Javascript

Input Angka Saja di Javascript

Input Angka Saja di Javascript

lebakcyber.net – Input angka saja di Javascript. Oke kembali lagi kita bertemu pada tutorial belajar Javascript, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana sih cara untuk melakukan penginputan khusus untuk angka saja pada Javascript.

Jadi nantinya kita akan membuat sebuah form input yang mana hanya menerima inputan berupa angka saja, selain angka maka form input tersebut akan menolaknya. Jadi kalau pengguna mencoba untuk menginputkan huruf ataupun karakter lainnya, maka form tersebut tidak akan menampilkan inputan tersebut.

Fungsi agar sebuah form input hanya bisa menerima inputan berupa angka saja terkadang dibutuhkan pada sebuah website atau aplikasi yang sedang kita buat, mungkin dengan tujuan agar bisa meminimalisir kesalahan pada aplikasi atau website yang sedang kita buat.

Advertisements

Oke langsung saja pada prakteknya bagaimana cara agar sebuah form input hanya bisa menerima inputan berupa angka saja pada Javascript. Silahkan buat sebuah file dengan nama index.html baru, lalu masukan perintah seperti dibawah ini :

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
    <title>Cara Input Angka Saja Di Javascript</title>
</head>
<body>
    <h1>Input Berupa Angka Saja Di Javascript | lebakcyber.net</h1>
    
    <p>Silahkan Masukan Angka :</p>
    <input type="text" onkeypress="return angkaSaja(event)"/>
 
    <script>
        function angkaSaja(evt) {
          var charCode = (evt.which) ? evt.which : event.keyCode
           if (charCode > 31 && (charCode < 48 || charCode > 57))
 
            return false;
          return true;
        }
    </script>
</body>
</html> 

Pada perintah diatas bisa kita lihat pada bagian form input kita menambahkan event onkeypress = “return angkaSaja(event) seperti dibawah ini :

Advertisements
<input type="text" onkeypress="return angkaSaja(event)"/>

Selannjutnya kita buat sebuah function angkaSaja yang digunakan untuk melakukan pengecekan kalau yang diinputkan adalah angka, maka fungsi tersebut akan mengembalikan nilai true. Sedangkan kalau bukan angka maka akan mengembalikan nilai false. Dan berikut ini adalah tampilan saat dijalankan :

Input Angka Saja di Javascript

Silahkan teman-teman inputkan sebuah angka pada form input tersebut, maka hasilnya angka akan ditampilkan. Sedangkan kalau bukan angka, maka form input tidak akan menampilkannya.

Oke jadi seperti itulah bagaimana cara agar sebuah form hanya bisa menerima masukan berupa angka saja pada Javascript, semoga tutorial sederhana ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar Javascript dan sampai jumpa di tutorial belajar Javascript selanjutnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Perulangan For di Javascript

Perulangan For di Javascript

Perulangan For di Javascript lebakcyber.net – Perulangan for di Javascript. Bertemu lagi di tutorial belajar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *