Wednesday , October 16 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Ini Kata Pendiri Linux Mengenai Media Sosial

Ini Kata Pendiri Linux Mengenai Media Sosial

foto : The New Yorker

Ini Kata Pendiri Linux Mengenai Media Sosial

lebakcyber.net – Linus Torvalds dikenal namanya di dunia teknologi sebagai pencipta sistem operasi Open Source Linux. Dirinya dikenal sering blak-blakan dan ini kata pendiri Linux mengenai media sosial yang ada sekarang ini.

Dalam wawancaranya dengan Linux Journal, Linus mengatakan “Aku sungguh benci dengan mendia sosial modern, Facebook, Twitter, Instagram. Itu merupakan wabah penyakit. Sepertinya diciptakan untuk memicu sikap yang buruk”.

Dikutip dari halaman CNET, Linus juga menambahkan “Model Like dan Sharing itu hanyalah sampah. Faktanya malah mengarahkan untuk memundurkan kontrol kualitas”.

Advertisements

Menurut Linus, media sosial hanya didesain untuk memicu respons emosional, dirinya menyinggung maraknya hoax, terorisme, penghinaan dan kebiasaan buruk lainnya di media sosial adalah karena ada anonimitas penggunanya.

Menurutnya, orang seharusnya tidak diperbolehkan untuk membagikan sesuatu tanpa mengungkapkan identitasnya. “Ketika kalian bahkan tidak menaruh nama asli kalian di sampah kalian atau sampah yang kalian bagikan atau like, itu sungguh tidak membantu”.

Sampai berita ini dimuat, belum ada tanggapan dari para media sosial tersebut mengenai kritik yang dikeluarkan oleh Linus. Tapi belakangan ini media sosial memang sering menjadi sasaran utama kritik terutama karena penyebaran berita palsu.

Advertisements

Sekedar riwayat singkat, Linus berusia 21 tahun saat dirinya mengubah dunia. Apa yang dilakukannya pada tahun 1991 itu adalah menyebarkan kernel sistem operasi Linux. Bukan hanya menyebarkannya, Linus juga mengajak orang-orang untuk ikut mengembangkan kernel Linux tersebut.

Dan pengoprek dari seluruh dunia juga ikut bergerak di bawah kepemimpinan Linus untuk mengembangkan Linux. Sistem operasi tersebut kemudian menjadi pendorong gerakan peranti lunak merdeka atau Open Source.

Sampai sekarang ini, kita bisa melihat ada begitu banyak jenis sistem operasi linux beserta turunan-turunannya. Misalnya saja Ubuntu, RedHat, Kali Linux, Linux Mint dan masih ada banyak lagi jenis-jenis dari sistem operasi Linux yang dapat digunakan.

Dan untuk menggunakan sistem operasi Linux juga pengguna dapat mendownload dan menggunakannya secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun, namun bagi yang ingin membantu dengan memberikan sumbangan kepada para pengembang Linux dapat memberikan donasi kepada para pengembang Linux tersebut.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *