Friday , May 24 2024
Aplikasi Alternatif Adobe Untuk Linux

Aplikasi Alternatif Adobe Untuk Linux

Aplikasi Alternatif Adobe Untuk Linux

lebakcyber.net – Aplikasi Alternatif Adobe Untuk Linux. Sistem opeasi Windows memang memiliki banyak aplikais yang dapat digunakan untuk mendukung suatu pekerjaan, namun sayangnya banyak dari aplikasi yang dibuat untuk Windows tersebut tidak dapat digunakan pada sistem operasi Linux.

Namun tenang saja, pada postingan kali ini kita akan membahas beberapa aplikasi alternatif yang biasa digunakan pada sistem operasi Windows yang dapat kita gunakan pada sistem operasi Linux.

Gimp Alternatif untuk Adobe PhotoShop

Gimp merupakan sebuah singkatan dari GNU Image Manipulation Program yang merupakan suatu software yang bisa digunakan untuk memanipulasi grafis. Gimp bersifat open source dan bisa kita pakai secara gratis sebagai pengganti dari Adobe Photoshop.

InkScape Alternatif untuk Adobe Illustrator

Inkscape merupakan salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat ilustrasi secara gratis dan mendukung format vektor. Inkscape ini juga bersifat open source dan kita tidak harus mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakan InkScape.

Scribus Alternatif untuk Adobe Indesign

Scribus merupakan sebuah software open source yang tersedia pada hampir semua jenis sistem operasi. Scribus ini biasa kita gunakan untuk membuat layout, animasi dan juga file PDF yang interaktif. Aplikasi Scribus bisa juga digunakan untuk membuat layour koran, brosur, poster ataupun buku sebagai alternatif dari Adobe Indesign.

OpenShot Alternatif Untuk Adobe Premiere

OpenShot merupakan sebuah software yang powerful dan juga mudah untuk digunakan. OpenShot memiliki banyak fitur yang menarik yang bisa kita gunakan untuk video editor sebagai alternatif terbaik dari aplikasi Adobe Premiere.

Synfig Alternatif untuk Adobe Animate

Synfig merupakan aplikasi gratis dan juga opensource untuk mengelola grafis vektor dan animasi berbasis timeline untuk mendesain sebuah animasi dan juga melakukan rendering. Tujuan dari aplikasi Synfig ini adalah untuk menyediakan kualitas animasi yang baik dengan resource yang sedikit.

Darktable Alternatif untuk Lighroom

Darktable merupakan aplikasi fotografi dan raw devekoper yang mengatur file digital negatif atau gambar RAW. Aplikasi Darktable ini menyediakan dasar operasi gambar seperti rotasi, crop, rekonstruksi highlight, kontrol exposure dan sebagainya.

Natron Alternatif untuk After Effects

Aplikasi Natron menyediakan alternatif yang sempurna untuk Adobe Ater Effects dengan motion editing dan juga alur kerja multi-view sehingga memudahkan kita saat menggunakannya. Dengan interface yang intuitif dan juga rendering yang cepat membuat aplikasi layak menjadi aplikasi alternatif terbaik bagi After Effects.

Ardour Alternatif untuk Audition

Ardour merupakan aplikasi gratis dan juga opensource yang menjadi pilihan aplikasi alternatif terbaik untuk Adobe Audition yang dapat digunakan pada berbagai sistem operasi. Aplikasi Ardour ini bisa kita gunakan untuk melakukan proses recording, mixing, edit file audio dengan mudah.

Jadi itulah beberapa aplikais Alternatif Adobe yang bisa kita gunakan pada sistem operasi Linux, jadi jangan takut untuk menggunakan Linux bila hanya dikarenakan banyak aplikasi yang belum tersedia, karena pada kenyataannya banyak aplikasi alternatif yang hanya bisa berjalan di  Windows sudah tersedia di Linux.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *