Friday , September 20 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Firefox Quantum Lebih Cepat Dan Irit RAM

Firefox Quantum Lebih Cepat Dan Irit RAM

foto : mozilla.org

Firefox Quantum Lebih Cepat Dan Irit RAM

lebakcyber.net – Sudah setahun ini para engineer Firefox mencoba mengembangkan sebuahg engine baru yang memiliki codename Project Quantum. Dimana para engineer tersebut mencoba membuat browser Firefox menjadi jauh lebih kencang. Bahkan Mozilla berpendapat bahwa Firefox Quantum lebih cepat dan irit ram dibandingkan dengan firefox yang ada saat ini.

Sebenarnya Firefox Quantum adalah Firefox 57 namun dengan ditambahkan beberapa perubahan yang tidak bisa dianggap enteng karena perubahan yang dilakukan sampai ke sisi engine, pihak Mozilla sendiri lebih memilih untuk memberikan nama baru pada browsernya tersebut.

Nama baru, engine baru dan juga tampilan baru membuat perubahan pada Firefox Quantum. Dan berikut ini adalah beberapa kelebihan yang ada pada Firefox Quantum.

Firefox Quantum Dua Kali Lebih Kencang

Pada versi Firefox yang biasa digunakan saat ini hanya berjalan dengan menggunakan satu CPU core saja, tapi di Firefox Quantum bisa memanfaatkan multi-core pada CPU sehingga dapat berjalan dengan lebih efektif dan juga efisien. Hal tersebutlah yang membuat Firefox Quantum menjadi sangat kencang karena proses dijalankan oleh beberapa CPU core. Firefox Quantum sendiri setelah diuji menggunakan Speedometer 2.0 benchmark berhasil meningkatkan kecepatannya menjadi dua kali lebih kencang dibandingkan firefox saat ini.

Lebih Hemat RAM Sampai 30% Dibandingkan Google Chrome

Tab yang ada pada Firefox Quantum dirombak sehingga menjadi lebih cerdas dalam menentukan prioritas pada tab yang aktif. Dan hasil yang didapat adalah 30% penggunaan RAM yang lebih hemat jika dibandingkan dengan browser Google Chrome.

Memiliki Tampilan Baru

Firefox Quantum menggunakan tampilan berbasis Project Photon. Dimana pada desain baru ini pengguna dapat lebih fokus dan juga sudah mendukung layar High DPI. Tampilan dari Firefox Quantum juga terlihat lebih modern dan lebih flat serta minimalis yang merupakan desain yang sedang digandrungi saat ini.

Saat ini Firefox Quantum masih dalam tahap beta, dan untuk versi finalnya akan dirilis pada tanggal 14 November 2017 mendatang, namun bagi kalian yang ingin mencoba versi beta dari Firefox Quantum, kalian bisa mencobanya dengan mendownload Firefox Quantum versi beta melalui link dibawah ini :

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

One comment

  1. mantap firefox quantum ini, untuk browsing jadi lebih cepat, dan ada fitur quick screenshot juga, tapi sayangnya masih beta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *