Thursday , June 27 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Facebook dan Instagram Rilis Fitur Baru

Facebook dan Instagram Rilis Fitur Baru

foto : Digital Entrepreneur Indonesia

Facebook dan Instagram Rilis Fitur Baru

lebakcyber.net – Facebook dan Instagram rilis fitur baru untuk dapat membatasi aktivitas para penggunanya dalam menggunakan aplikasi Facebook dan Instagram, kedua media sosial tersebut merilis fitur yang bisa membatasi waktu pemakaian pengguna dalam bermedia sosial di kedua platform tersebut.

Fitur yang diberinama Activity Dashboard ini resmi dirilis untuk meminimalisasi dampak negatif atas kecanduan bermain media sosial yang sudah banyak menjangkit banyak orang.

Fitur pengatur waktu bermain media sosial ini akan dapat digunakan pengguna Facebook dan juga Instagram di seluruh dunia dalam waktu beberapa minggu mendatang. Pengguna di Amerika sendiri disebut akan dapat mencoba fitur tersebut pertama kali.

Ameet Ranadive, selaku Director Product Management Instagram, fitur Activity Dashboard ini dibuat dan dikembangkan dengan melibatkan beberapa pakar, para akademisi dan juga orgranisasi kesehatan.

Dirinya menegaskan bahwa hal tersebut memang sudah menjadi salah satu tanggung jawab penyedia platform agar pengguna bisa mengelola waktu mereka dengan lebih baik lagi.

Mereka berharap fitur tersebut bisa memberikan kontrol kepada para pengguna yang lebih besar atas waktu yang mereka habiskan di aplikasi Facebook dan juga Instagram.

Menurut Ranadive, Facebook memiliki tanggung jawab untuk membantu para pengguna memahami berapa banyak waktu yang sudah mereka habiskan dalam menggunakan kedua aplikasi tersebut sehingga pengguna dapat mengelola waktu yang mereka miliki dengan lebih baik lagi.

Facebook dan Instagram Rilis Fitur Baru 2
foto : Facebook

Untuk dapat mengakses fitur tersebtu caranya sangat mudah. Pengguna hanya harus membuka aplikasi Instagram dan juga Facebok dan masuk pada menu setting.

Selanjutnya pilih “Your Activity” dan klik tombol “Your Time on Facebook” untuk melihat berapa waktu yang sudah kamu habiskan di jejaring sosial tersebut.

Dibagian atas, pengguna dapat melihat dashboard yang berisi rata-rata waktu yang mereka gunakan untuk menggunakan aplikasi Facebook. Dan dibagian bawah, pengguna bisa mengatur pembatasan waktu untuk menggunakan platform tersebut.

Selain itu, para pengguna juga bisa mematikan notifikasi yang masuk melalui menu “Mute Push Notifications”. Dimana fitur tersebut sangat berguna untuk membatasi notifikasi yang masuk dari Instagram saat Anda tidak ingin diganggu dengan pesan notifikasi yang masuk.

Nantinya fitur Dashboard Activity ini akan diluncurkan secara global, dan fitur ini merupakan salah satu cara Facebook dan juga Instagram merespon isu mengenai kesehatan mental yang dipicu oleh pengguna jejaring sosial yang berlebihan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *