Saturday , April 17 2021
Home » Linux » Cara Install Notion di Ubuntu

Cara Install Notion di Ubuntu

foto : velog.io

Cara Install Notion di Ubuntu

lebakcyber.net – Cara Install Notion di Ubuntu. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara install aplikasi Notion di Ubuntu, walaupun sampai sekarang ini belum ada aplikasi Notion official untuk sistem operasi Linux, namun kita masih tetap bisa menginstall dan menjalankannya pada sistem operasi Ubuntu ataupun distro turunan debian lainnya.

Apa itu Notion?

Aplikasi Notion merupakan sebuah aplikasi all-in-one workspace yang bisa digunakan untuk membuat sebuah catatan serta alur kerja pekerjaan yang sedang teman-teman lakukan.

Advertisements

Dengan menggunakan Notion ini juga teman-teman bisa membuat sebuah to-do list yang baik dan juga dapat melakukan kolaborasi dengan teman satu tim dalam melakukan manajemen sebuah tugas atau pekerjaan.

Mengaktifkan Snap pada Ubuntu dan Install Aplikasi Notion

Advertisements

Sebagai informasi, snaps merupakan sebuah paket aplikasi yang bisa digunakan pada semua distribusi linux. Snap sendiri bisa diinstall melalui snap store yang merupakan sebuah toko aplikasi yang sudah memiliki jutaan pengguna.

Mengaktifkan snapd

Kalau teman-teman sudah menggunakan sistem operasi Ubuntu 16.04 LTS, Ubuntu 18.04 LTS atau Ubuntu 20.04 LTS, teman-teman sudah tidak perlu agi menginstall snap, karena pada ubuntu versi diatas aplikais snap sudah terinstall secara default.

Kalau teman-teman masih menggunakan versi sistem operasi Ubuntu dibawah 16.04 LTS, teman-teman harus menginstall aplikasi snap tersebut secara manual. Snap sendiri bisa diinstall dari Ubuntu Software Center dengan menuliskan kata kunci snapd atau dengan menggunakan terminal dan memasukan perintah seperti dibawah ini :

sudo apt-get update
sudo apt-get install snapd

Melakukan Installasi Notion

Oke setelah aplikasi snap terinstall, sekarang kita sudah bisa melakukan proses instalasi aplikasi notion pada sistem opeasi Ubuntu. Cara installnya gampang banget kok, silahkan buka terminal lalu masukan perintah seperti dibawah ini :

sudo snap install notion-snap

Tunggu sampai proses download dan instalasi aplikasi notion selesai. Jika sudah, teman-teman sudah bisa menggunakan aplikasi Notion pada sistem operasi Ubuntu.

Semoga tutorial cara install Notion pada sistem operasi Ubuntu ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang ingin menjalankan atau menggunakan Notion pada sistem operasi Ubuntu.

Jangan lupa juga untuk selalu berkunjung ke situs lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial-tutorial baru di dunia IT dan sampai bertemu di tutorial lainnya ya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *