Wednesday , June 12 2024

Apple Mulai Lakukan Penghematan

foto : VOI

Apple Mulai Lakukan Penghematan

lebakcyber.net – Apple Mulai Lakukan Penghematan. Perusahaan teknologi raksasa Apple dikabarkan sedang mengikuti langkah perusahaan teknologi lainnya agar bisa melakukan penghematan.

Apple sendiri dikabarkan akan mulai melakukan pembatasan untuk melakukan proses perekrutan karyawan baru dan juga pengeluaran mulai tahun depan nanti.

Berdasarkan laporan, keputusan tersebut diambil untuk mempersiapkan perusahaan tersebut saat menghadapi adanya potensi mengenai penurunan pertumbuhan ekonomi di tahun 2023 nanti.

Dikutip dari Bloomberg, berdasarkan sumber internal mengatakan kalau keputusan tersebut tidak akan mempengaruhi divisi-divisi lainnya yang ada di perusahaan.

Dengan begitu bisa dikatakan kalau proses penghematan hanya dilakukan pada beberapa divisi saja, seperti untuk divisi sumber daya, penelitian dan pengembangan dan juga perekrutan.

Mengenai hal rekrutan, kabarnya ada beberapa divisi yang tidak akan melakukan penambahan tim ataupun melaukan pengisian untuk posisi yang kosong tahun depan nanti.

Terlepas berdasarkan keputusan tersebut, kabarnya Apple masih mempertahankan jadwal untuk peluncuran produk baru mereka di tahun 2023 nanti, salah satunya adalah headset Virtual Reality atau Augmented Reality.

Pihak Apple sendiri belum bisa memberikan tanggapan resmi mengenai kabar tersebut. Tapi sejak kabar tersebut beredar, saham Apple sampai mengalami penuruan sebesar 2%, seperti dikutip pada halaman Apple Insider pada hari Selasa (19/07/2022).

Mengenai keputusan untuk melakukan penangguhan rekrutmen dan juga proses pemangkasan biaya operasional Apple bisa terjadi karena disebabkan Apple sedang berusaha untuk mengatasi penurunan ekonomi.

Berdasarkan informasi yang didapat dari sumber internal, strategi tersebut diambil agar perusahaan bisa lebih berhati-hati pada masa yang sedang tidak pasti seperti sekarang ini.

Bukan hanya Apple, ternyata perusahaan teknologi raksasa lainnya seperti Meta dan juga Google memutuskan untuk ikut menghentikan proses perekrutan karyawan. Sundar Pichai, selaku CEO dari Google mengatakan keputusan tersebut kepada para staf di perusahaan.

Sedangkan proses penghentian rekrutmen di Meta sendiri diumumkan secara langsung oleh Chief Product Officer Meta serta berlaku bagi beberapa posisi pada divisi tertentu. Meta juga memutuskan kontrak dengan beberapa mitra yang menyediakan manajemen karyawan seperti outsourcing, dan keputusan tersebut mengakibatkan ratusan karyawan di PHK.

Perusahaan Microsoft sendiri juga pada awalnya melakukan penundaan untuk rekrutmen walaupun pada minggu lalu perusahaan tersebut akhirnya melakukan PHK kepada 1000 karyawannya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *