Friday , October 2 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Apple Akan Buat Mesin Pencari

Apple Akan Buat Mesin Pencari

foto : Sputnik News

Apple Akan Buat Mesin Pencari

lebakcyber.net – Apple akan buat mesin pencari. Perusahaan Apple dikabarkan sedang mempersiapkan mesin pencari universal yang akan mereka buat sendiri. Kalau kabar tersebut benar, maka Apple bisa menjadi salah satu pesaing terbesar Google.

Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, Amerika Serikat tersebut memang sudah memiliki mesin pencari buatannya sendiri yang dapat digunakan untuk melakukan Spotlight Searches dan juga asisten virtual SIRI. Namun kabar terbaru tersebut sepertinya mengindikasikan kalau mesin pencari tersebut cakupannya akan semakin diperluas.

Salah satu argumen yang paling utama yang mendukung kabar tersebut datang dari Jon Henshaw, yang merupakan seorang pendiri perusahaan pemasaran digital, Coywolf. Dikutip dari halaman Apple Insider, Senin (31/08/2020) Henshaw mengatakan kalau dirinya tidak yakin apakah Siri Sugestions masih menggunakan bantuan dari hasil pencarian Google.

Advertisements

Sebaliknya, pihak Apple justru menampilkan hasil pencarian dengan melewati mesin pencari lainnya dan menggunakan fitur Spotlight Search yang mereka miliki.

Laporan dari Coywolf juga mengindikasikan kalau Apple mengeluarkan lebih banyak uang pada bisnis pencarian serta merujuk kepada lowongan kerja kepada teknisi mesin pencari. Namun jumlah lowongan yang tersedia untuk bidang tersebut justru menurun kalau dibandingkan dengan tahun lalu.

Advertisements

Henshaw juga memberikan catatan untuk web crawler ‘Applebot’ yang dirilis untuk pengembang pada bulan Juni 2020 lalu. Dirinya mengatakan kalau ada beberapa perubahan baru yang dimasukkan, termasuk salah satunya bagaimana melakukan verifikasi traffic yang berasal dari Applebot.

Update tersebut juga memperlihatkan kalau crawler tersebut melakukan render halaman dengan cara yang mirip seperti yang dilakukan oleh Google, dan mengenai bagian tentang peringkat pencarian semakin diperjelas.

Seperti halnya web crawler lainnya, Applebot juga melakukan pemindaian internet agar dapat menentukan bagaimana mengatur tingkat hasil pencarian yang bergantung kepada beberapa faktor, misalnya seperti faktor user engagement, jumlah link yang diterima dari situs lain dan sebagainya.

Selain update tersebut, Henshaw juga mengatakan kalau dirinya melihat Applebot belakangan ini terlihat semakin sibuk. Dirinya mengatakan kalau Applebot mulai melakukan perayapan situs webnya setiap hari secara teratur, sesuatu yang sebelumnya belum pernah dia sadari.

Namun sepertinya ada sebuah faktor yang sepertinya bisa menghambat Apple agar dapat mengembangkan mesin pencari buatannya sendiri, yaitu bayaran sejumlah miliaran dolar dari Google setiap tahunnya agar bisa menjadikan mesin pencari mereka sebagai pilihan Default di browser Safari untuk iPadOS, iOS, dan juga macOS.

Perusahaan Apple juga dikenal sebagai perusahaan yang lebih mengutamakan privasi pengguan dan tidak memiliki bisnis yang lebih mengandalkan iklan ataupun data penggunanya. Jadi sepertinya sedikit sulit untuk bisa merilis mesin pencari yang memiliki fokus kepada privasi penggunanya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Apple Akan Perkenalkan iPhone 12 Mini

Apple Akan Perkenalkan iPhone 12 Mini

Apple Akan Perkenalkan iPhone 12 Mini lebakcyber.net – Apple akan perkenalkan iPhone 12 Mini. Rencananya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *