Monday , June 17 2024
Berkenalan Dengan Google Dorking
Berkenalan Dengan Google Dorking

Berkenalan Dengan Google Dorking

Berkenalan Dengan Google Dorking

lebakcyber.net – Berkenalan Dengan Google Dorking. Sebelumnya apakah teman-teman sudah tahu apa itu Google Dorking atau Google Dork? Google Dork merupakan sebuah istilah pencarian khusus yang dapat digunakan untuk menemukan sumber tersembunyi yang ada di hasil pencarian Google.

Informasi yang didapat dengan menggunakan Google Dork sendiri bisa mencakup informasi yang bersifat sensitif, misalnya seperti username, password, alamat email, nomor kartu kredit, skrip shell, dan sebagainya.

Teknik Dork ini bukan hanya bisa kita implementasikan pada mesin pencari Google saja, Dorking juga bisa kita lakukan pada mesin pencari seperti Yahoo dan juga Bing. Mungkin hasil yang didapat akan berbeda-beda namun tujuan dari Dorking tetap sama.

Google sendiri setiap harinya melakukan lebih dari 8,5 miliar pencarian. Dengan kemampuan Google tersebut untuk mencari informasi, kita juga bisa memanfaatkannya menjadi tools yang jauh lebih canggih.

Dengan menggunakan Google Dorking dapat membantu kita untuk menemukan sebuah file, skrip program ataupun informasi penting lainnya yang terbuka yang ada pada suatu sistem aplikasi atau website.

Agar dapat memanfaatkan secara penuh potensi dari Google Dorking ini. Kita harus menguasi beberapa operator pencarian khusus. Operator-operator tersebut yang nantinya akan kita gunakan untuk menyempurnakan hasil pencarian secara lebih spesifik dan menemukan apa yang benar-benar kita cari.

Operator Umum Pada Google Dork

Ada beberapa operator kueri umum yang bisa kita gunakan untuk melakukan Dorking di mesin pencari Google dengan cara menyertakannya pada menu pencarian. Dengan menambahkan operator tersebut bisa memungkinkan kita menemukan informasi yang spesifik yang kemungkinan tidak akan bisa diakses dengan melakukan proses pencarian seperti biasanya.

Dan berikut ini adalah beberapa operator umum yang paling sering digunakan pada saat melakukan proses Google Dorking:

  • operator intitle
  • operator inurl
  • operator site
  • operator filetype
  • operator intext
  • operator link

Sekarang mari kita bahas satu persatu operator yang umum digunakan pada saat melakukan google dork seperti yang sudah dijelaskan diatas:

Operator intitle Google Dork

Dengan menggunakan operator “intitle” kita bisa mencari suatu halaman web dengan kata atau frasa tertentu yang terdapat didalam tag judul. Contohnya kita ingin mencari halaman yang berisikan kata “password” dan juga memiliki “indeks” pada bagian judulnya, maka kita bisa menggunakan perintah:

intitle:"index of" password.

 

Hasilnya bisa kita lihat bahwa mesin pencari google berhasil menampilkan beberapa situs website yang terdapat kata password pada bagian judulnya seperti pada contoh gambar diatas.

Operator inurl Google Dork

Dengan menggunakan operator “inurl” pada google dork, kita dapat melakukan pencarian halaman dari suatu website yang memiliki kata tertentu didalam URL suatu website. Contohnya kita ingin mencari sebuah halaman yang memiliki kata “login.php” pada url suatu website, maka kita bisa menggunakan perintah:

inurl:login.php

Berkenalan Dengan Google Dorking

Pada contoh gambar diatas bisa kita lihat hasil pencarian google dengan menambahkan operator inurl sudah berhasil menampilkan beberapa website yang pada URLnya terdapat kata login.php.

Operator site Google Dork

Dengan menggunakan operator “site” memungkinkan kita untuk melakukan pencarian pada suatu website atau domain tertentu. Misalnya kita ingin mencari halaman pada website “lebakcyber.net” yang mengandung kata “belajar”, maka kita bisa menggunakan perintah:

site:lebakcyber.net "belajar"

Berkenalan Dengan Google Dorking

Oke pada contoh gambar diatas bisa kita lihat bahwa google berhasil menampilkan halaman yang ada pada website lebakcyber.net yang pada halamannya terdapat kata “belajar”.

Operator filetype Google Dork

Dengan menggunakan operator “filetype” memungkinkan kita untuk melakukan pencarian secara spesifik mengenai jenis file tertentu, seperti misalnya kita ingin mencari file yang memiliki ekstensi .pdf, .docx atau berbagai ekstensi lainnya. Misalnya kita ingin mencari file pdf dengan judul “Linux Fundamental” maka perintah yang kita masukan adalah:

filetype:pdf "Linux Fundamental"

Berkenalan Dengan Google Dorking

Bisa kita lihat pada gambar diatas bahwa google berhasil menampilkan daftar website yang memiliki file pdf dengan judul “Linux Fundamental”.

Operator intext Google Dork

Dengan menggunakan operator intext pada halaman pencarian Google, kita bisa mencari sebuah halaman yang memiliki kata tertentu yang ada di body halamannya.

Misalnya kita ingin mencari sebuah halaman dari website yang memiliki kata “about” pada halaman contact, maka kita cukup memasukan perintah seperti berikut di mesin pencari google:

intext:"about" contact.

Berkenalan Dengan Google Dorking

Pada gambar diatas bisa kita lihat bahwa google berhasil menampilkan website yang memiliki halaman “about” dan terdapat kata “contact” didalam halam tersebut.

Operator Link Google Dork

Dengan menggunakan operator “link” pada Google Dork memungkinkan kita untuk mencari suatu halaman website yang memiliki tautan atau link ke URL tertentu.

Misalnya kita ingin mencari semua website yang memiliki tautan atau link ke alamat “lebakcyber.net”. Maka kita bisa menggunakan perintah seperti berikut:

link:"lebakcyber.net".

Berkenalan Dengan Google Dorking

Pada contoh diatas bisa kita lihat bahwa ada beberapa website yang pada salah satu halamannya memiliki tautan atau link yang menuju ke situs “lebakcyber.net”.

Oke jadi itulah beberapa teknik google dorking yang sifatnya umum yang bisa teman-teman coba implementasikan untuk mencari sesuatu dengan lebih spesifik pada mesin pencari Google. Semoga tutorial sederhana mengenai google dorking ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *