Friday , October 23 2020
Home » The Lounge » News » Aplikasi Jahat Menyebar di Instagram dan Tiktok

Aplikasi Jahat Menyebar di Instagram dan Tiktok

foto : The Verge

Aplikasi Jahat Menyebar di Instagram dan Tiktok

lebakcyber.net – Aplikasi jahat menyebar di Instagram dan TikTok. Peneliti berhasil menemukan beberapa aplikasi jahat yang ada pada sistem operasi Android dan iOS yang berisikan adware serta dapat menguras dompet penggunanya.

Secara total, aplikasi-aplikasi berbahaya tersebut sudah di download lebih dari 2,4 juta kali baik itu dari Play Store dan juga App Store.

Aplikasi jahat tersebut ada yang berpura-pura menawarkan, musik, wallpaper, konten hiburan dan juga game sederhana. Beberapa aplikasi tersebut ternyata merupakan sebuah trojan HiddenAds yang melakukan penyamaran sebagai sebuah aplikasi berguna namun malah menampilkan iklan yang mengganggu di luar aplikasi.

Advertisements

Dikutip dari halaman Phone Arena, Jumat (25/09/2020), selain menampilkan iklan iklan yang mengganggu pengguna, aplikasi tersebut juga bisa menyulitkan pengguna yang ingin menghapusnya karena ikon pada aplikasi tersebut disembunyikan, sehingga membuat si pengguna mengalami kesulitan dalam mencari asal-usul darimana iklan-iklan tersebut berasal.

Beberapa aplikasi lainnya yang juga mengharuskan pengguna membayar uang sebesar USD 2 sampai USD 10 untuk melakukan pembelian in-app kalau ingin menggunakan fiturnya yang sebenarnya sangatlah sederhana.

Advertisements

Berdasarkan penelitan yang dilakukan oleh Sensor Tower, akibat dari teknik tersebut, si pembuat aplikasi tersebut sudah bisa mendapatkan penghasilan sampai dengan USD 500 ribu.

Parahnya lagi aplikasi-aplikasi tersebut sangat sering dipromosikan pada media sosial seperti Instagram dan TikTok. Para peneliti berhasil menemukan aplikasi-aplikasi tersebut setelah seorang anak perempuan yang melihat sebuah aplikasi yang terlihat jahat serta melaporkannya ke Be Safe Online, yang tidak lain adalah proyek di Republik Ceko yang mendidik para anak-anak mengenai keamanan online.

Berdasarkan hasil dari laporan tersebut, para peneliti yang berasal dari Avast telah berhasil meneukan adanya 11 aplikasi baik itu untuk Android ataupun iOS yang melakukan jenis penipuan serupa.

Jakub Vavra yang merupakan Threat Analyst Avast dalam keterangannya mengatakan bahwa mereka sangat berterima kasih kepada gadis muda yang sudah melaporkan profil TikTok kepada mereka.

Jakub juga menambahkan bahwa kesadaran serta tindakannya yang bertanggun jawab dari gadis tersebut merupakan jenis komitmen yang harus kita semua tunjukan agar dapat menjadikan dunia maya menjadi tempat yang lebih aman lagi.

Avast sendiri menemukan tiga buah akun TikTok yang melakukan promosi untuk menginstall aplikasi jahat tersebut, dan salah satunya memiliki jumlah follower sampai 300 ribu. Seorang pengguna Instagram yang memiliki follower 5 ribu juga kedapatan mempromosikan aplikasi yang sama.

Berikut ini adalah aplikasi jahat yang ditemukan Avast, jika salah satunya ada pada smartphone yang kalian gunakan, sebaiknya langsung uninstall aplikasi-aplikasi tersebut.

  • ThemeZone – Shawky App Free – Shock My Friends (Google Play Store)
  • Tap Roulette ++Shock my Friend (Google Play Store)
  • Ulimate Music Downloader – Free Download Music (Google Play Store)
  • Shock My Friends – Satuna (App Store)
  • 666 Time (App Store)
  • ThemeZone – Live Wallpapers (App Store)
  • shock my friend tap roulette v (App Store)

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *