Wednesday , October 18 2017
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Apa Itu Media Penyimpanan SSD
Apa Itu Media Penyimpanan SSD

Apa Itu Media Penyimpanan SSD

Apa Itu Media Penyimpanan SSD

Apa Itu Media Penyimpanan SSD – Kamu pasti sudah tidak asing lagi jika mendengan kata Hard disk atau HDD (Hard Disk Drive), yup hardisk adalah salah satu media penyimpanan pada komputer yang sampai saat ini masih banyak digunakan oleh para pengguna pc atau laptop. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini sudah hadir SSD yang merupakan pengembangan dari HDD.

Apa Itu Media Penyimpanan SSD

SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive. Pada umumnya SSD sama seperti HDD yaitu dapat digunakan untuk menyimpan data. Perbedaan HDD dan SSD dalam menyimpan data adalah, pada HDD data disimpan di lapisan-lapisan magnetic sedangkan pada SSD data data disimpan didalam Chip memory flash yang saling terhubung satu sama lain.

Chip flash memori yang digunakan pada SSD juga berbeda dengan flash memori yang ada pada flashdisk dalam hal type dan kecepatan karena chip flash pada SSD memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada Flashdisk. Karena itulah walaupun misalnya SSD memiliki ukuran yang sama dengan Flashdisk, harga SSD jauh lebih mahal daripada Flashdisk.

Dibandingkan dengan HDD, kecepatan baca dan tulis di SSD bisa delapan kali lipat dibandingkan dengan HDD. Karena itulah pc yang terpasang SSD dapat melakukan proses booting hanya dalam hitungan detik.

Kelebihan SSD Dibandingkan HDD

  1. Panas atau suhu yang dihasilkan saat digunakan lebih rendah daripada panas yang dihasilkan oleh HDD.
  2. Butuh daya listrik yang lebih kecil daripada HDD, karena SSD hanya membutuhkan kurang dari 1 watt sedangkan HDD membutuhkan 10 Watt daya listrik.
  3. SSD tidak berisik saat digunakan karena tidak memiliki putaran motor dan piringan.
  4. Kecepatan menulis dan membaca yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan HDD membuat SSD lebih cepat dibandingkan HDD.

Dengan begitu banyaknya kelebihan yang dimiliki oleh SSD dibandingkan dengan HDD, membuat harga SSD yang ada dipasaran saat ini jauh lebih mahal dibandingkan HDD. Harga SSD bisa mencapai 9 kali lipat jika dibandingkan dengan harga HDD dengan kapasitas penyimpanan yang sama.

Jadi kalau kalian ingin memiliki kualitas media penyimpanan yang besar, tidak berisik dan juga cepat dalam hal transfer data dan proses baca tulis, lebakcyber.net sarankan untuk siap siap saja merogoh kocek lebih dalam agar dapat membeli SSD.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *