Sunday , August 25 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Alasan Pemerintah Masih Belum Blokir Facebook

Alasan Pemerintah Masih Belum Blokir Facebook

foto : detik.com

Alasan Pemerintah Masih Belum Blokir Facebook

lebakcyber.net – Beberapa waktu yang lalu sempat tersebar berita hoax mengenai pemblokiran Facebook pada tanggal 24 April 2018, namun ternyata sampai saat ini situs jejaring sosial tersebut masih dapat diakses. Dan ini dia alasan pemerintah masih belum blokir Facebook di Indonesia.

Walaupun belum terbukti kebenarannya, pemerintah sejatinya tetap bisa melakukan pemblokiran Facebook kalau memang jejaring sosial tersebut terbukti bersalah dan merugikan. Lalu mengapa hal tersebut belum dilakukan, apalagi dengan adanya pencurian data satu juta pengguna Facebook di Indonesia.

Menurut Samuel Abrijani selaku Direktur Jendral Aplikasi Informatika (Aptika), setiap upaya penutupan sebuah layanan seperti Facebook harus ada dasarnya yaitu pelanggaran atas Undang-Undang atau setidaknya ada indikasi meresahkan masyarakat.

Setiap penutupan harus ada dasarnya yaitu pelanggaran UU atau sudah meresahkan masyarakat sehingga diputuskan oleh yang memiliki wewenang untuk ditutup.

Samuel juga menambahkan bahwa tindakan penutupan atau pemblokiran harus selalu dilakukan kalau terbukti melanggar pelanggaran hukum.

Dirinya juga membandingkan antara kasus yang mendera Facebook dengan Vimeo dan Tumblr di Indonesia, karena menurutnya Vimeo dan juga Tumblr ada pelanggaran hukum didalamnya. Dan mereka masih menunggu informasi tersebut, namun kalau sudah meresahkan dan mengganggu kesatuan negara, akan segera ditutup.

Selain itu, sikap Kominfo selanjutnya pada kasus bocornya data satu juta pengguna Facebook di Indonesia pun akan ditentukan berdasarkan hasil balasan dari surat permintaan yang dilayangkan pemerintah pada Facebook. Perimintaan yang berisi empat poin tersebut diminta untuk dijawab dan dipenuhi Facebook pada 26 April mendatang.
“Kita tunggu saja dulu, tanggalnya kan belum lewat. Soalnya kami kan hanya minta penjelasan tambahan dari teguran kedua kemarin. Karena ditengarai ada beberapa aplikasi juga (yang terlibat), apakah itu sudah dilakukan investigasi atau belum,” ungkap Samuel “Jangan berandai-andai, kita lihat saja dulu,” tambahnya.
Pemerintah memang bisa saja mengambil tindakan tegas memblokir Facebook lantaran data satu juta pengguna Indonesia ikut bocor dalam skandal Cambridge Analytica (CA). Bahkan beberapa kali, Menkominfo Rudiantara pun berkata Kementerian Kominfo tak segan melakukan pemblokiran.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *