Friday , October 25 2024

Fakta Bitcoin Yang Harus Kamu Tahu

Foto : Internet

Fakta Bitcoin Yang Harus Kamu Tahu

lebakcyber.net – Bagi kamu para pecinta teknologi mungkin sudah tidak asing lagi dengan Bitcoin. Yup Bitcoin adalah salah satu cryptocurrency yang paling bernilai di dunia. Dan berikut adalah fakta bitcoin yang harus kamu tahu.

Cryptocurrency sendiri merupakan sebuah penemuan di internet, yaitu sebuah mata uang digital yang dapat beroperasi secara independen tanpa campur tangan bank sentral. Ide dari pembuatan cryptocurrency sendiri adalah menciptakan sebuah sistem dimana uang tidak terikat dengan lokasi geografis, seperti halnya internet.

Kalau kamu masih belum familiar dengan bitcoin, berikut ini adalah fakta bitcoin yang harus kamu tahu.

Tidak Ada Satu Entitas Pun Yang Mengatur Bitcoin

fakta bitcoin yang harus kamu tahu
Foto : Internet

Bikin bingung? santai, semua orang juga pasti merasakan hal yang sama. Perbedaan bitcoin dengan mata uang biasa seperti Rupiah ataupun USD ada pada entitas yang mengaturnya. Contohnya mata uang Rupiah sendiri dikontrol oleh Bank Indonesia (BI).

Dengan adanya entitas yang mengatur mata uang Rupiah maka entitas tersebut dapat mencegah adanya inflasi ataupun perubahan nilai Rupiah yang signifikan. Namun sebaliknya, bitcoin tidak diatur oleh entitas manapun.

Itulah mengapa nilai tukar bitcoin lebih fluktuatif dibandingkan dengan mata uang biasa karena tidak ada satupun entitas yang mengatur mata uang bitcoin. Harga bitcoin sendiri ditentukan oleh semua orang yang memiliki bitcoin.

  • Terbatasnya Jumlah Bitcoin
fakta bitcoin yang harus kamu tahu
Foto : Internet

Walaupun bitcoin merupakan mata uang virtual, namun bukan berarti jumlah bitcoin itu tidak terbatas. Karena didunia ini jumlah bitcoin yang tersedia hanya 21 juta bitcoin. Jumlah tersebut sudah dikonversikan dalam bentuk kode-kode programming dan bitcoin terakhir diperkirakan akan ditambang pada tahun 2140.

Jumlah bitcoin yang terbatas dimaksudkan untuk menjaga nilai dari mata uang itu sendiri. Jadi bitcoin mirip seperti emas yang jumlahnya terbatas di dunia. Keterbatasan jumlah emas tersebut menjadikan emas salah satu benda berharga di dunia dan nilainya selalu berharga.

  • Transparansi Transaksi
fakta bitcoin yang harus kamu tahu
Foto : Internet

Setiap transaksi bitcoin benar benar transparan, kamu bisa melihat saldo sekaligus semua transaksi yang pernah dilakukan oleh pemilik bitcoin. Namun tentu saja kamu tidak akan dapat mengakses data pribadi dari pemilik bitcoin tersebut.

  • Mencari Bitcoin Sendiri
fakta bitcoin yang harus kamu tahu
Foto : Internet

Kamu juga bisa melakukan pencarian bitcoin sendiri, atau dalam hal ini biasa disebut dengan mining bitcoin. Bitcoin dihasilkan dari pemecahan soal matematika yang melibatkan serangkaian perhitungan algoritma rumit di komputer. Penambang bitcoin kemudian mendapatkan sejumlah bitcoin jika menyelesaikan persolan tersebut.

  • Bitcoin Sangat Beresiko Hilang Atau Dicuri
fakta bitcoin yang harus kamu tahu
Foto : Internet

Sebagai mata uang digital, bitcoin disimpan dalam bentuk file digital atau dikenal dengan sebuah wallet file. Wallet file sendiri mirip penggunaannya seperti fungsi dompet untuk menyimpan uang tunai.

Wallet file yang disimpan di harddisk ataupun peralatan elektronik kamu sangat rentan pada kerusakan dan juga dari serangan virus yang menyerang yang dapat membuat bitcoin yang kamu simpan hilang begitu saja.

Itulah beberapa fakta bitcoin yang harus kamu tahu, jadi sekarang dengan informasi diatas bisa membuat kamu lebih mengenal mengenai cryptocurrency bitcoin atau bahkan kamu sudah memutuskan untuk menjadi penambang bitcoin?

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *