Monday , July 22 2019
Home / SQLite / Tutorial Belajar SQLite Operator
Tutorial Belajar SQLite Operator

Tutorial Belajar SQLite Operator

Tutorial Belajar SQLite Operator

Tutorial Belajar SQLite Operator – Pada tutorial kali ini, lebakcyber.net akan sharing tutorial belajar sqlite operator. Pada SQLite terdapat 4 jenis operator yang dapat digunakan, contohnya adalah :

  1. Operator Aritmatika
  2. Operator Pembanding
  3. Operator Logika
  4. Operator Bitwise

Operator Aritmatika Di SQLite

Tabel berikut ini menjelaskan mengenai penggunaan operator aritmatika di SQLite, dimana didalam tabel tersebut terdapat dua buah variable a dan b yang masing masing memiliki nilai 100 dan 50.

Operator Penjelasan Contoh
+ Operator Penjumlahan : Operator ini digunakan untuk menambahkan nilai dari dua buah variabel atau lebih. a + b = 150
Operator Pengurangan : Operator ini digunakan untuk mengurangi nilai dari variabel a dengan variabel b. a – b = 50
* Operator Perkalian : Operator ini digunakan untuk melakukan perkalian dari dua buah variabel atau lebih. a * b = 5000
/ Operator Pembagi : Operator ini digunakan untuk melakukan pembagian dari variabel a dan variabel b. a / b = 2
% Operator Modulus (Sisa Bagi) : Operator ini digunakan untuk mencari sisa bagi dari variabel a dengan variabel b. a % b = 0

Operator Pembanding di SQLite

Tabel berikut ini menjelaskan mengenai penggunaan operator pembanding di SQLite, dimana didalam tabel tersebut terdapat dua buah variabel a dan b yang masing masing memiliki nilai 100 dan 50.

Operator Penjelasan Contoh
== Operator ini digunakan untuk membandingkan nilai dari dua operand apakah sama atau tidak, jika nilainya sama maka kondisinya akan bernilai TRUE. (a == b) salah (FALSE)
= Operator ini digunakan untuk membandingkan nilai dari dua operand apakah sama atau tidak, jika nilainya sama maka kondisinya akan bernilai TRUE. (a = b) salah (FALSE)
!= Operator ini digunakan untuk membandingkan nilai dari dua operand apakah sama atau tidak, jika nilainya sama maka kondisinya akan bernilai TRUE. (a != b) benar (TRUE)
<> Operator ini digunakan untuk membandingkan nilai dari dua operand apakah sama atau tidak, jika nilainya sama maka kondisinya akan bernilai TRUE. (a <> b) benar (TRUE)
> Operator pembanding ini digunakan untuk membandingkan nilai dari dua buah variabel apakah variabel a lebih besar dari b, jika benar maka hasilnya TRUE. (a > b) benar (TRUE)
< Operator pembanding ini digunakan untuk membandingkan nilai dari dua buah variabel apakah variabel a lebih kecil dari b, jika benar maka hasilnya TRUE. (a < b) salah (FALSE)
>= Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah nilai operand di sebelah kiri lebih besar atau sama dengan nilai operand di sebelah kanan, jika benar maka nilainya TRUE. (a >= b) benar (TRUE)
<= Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah nilai operand di sebelah kiri lebih kecil atau sama dengan nilai operand di sebelah kanan, jika benar maka nilainya TRUE. (a <= b) salah (FALSE)
!< Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah nilai operand di sebelah kiri tidak lebih kecil dari nilai operand di sebelah kanan, jika benar maka nilainya TRUE. (a !< b) benar (TRUE)
!> Operator ini digunakan untuk membandingkan apakah nilai operand di sebelah kiri tidak lebih besar dari nilai operand di sebelah kanan, jika benar maka nilainya TRUE. (a !> b) salah (FALSE)

Itulah beberapa contoh operator yang dapat kamu gunakan di SQLite, untuk operator logika dan bitwise akan kita bahas pada tutorial belajar sqlite lainnya secara lebih mendalam. Jadi jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial belajar sqlite lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *