Wednesday , October 16 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Perlukah Antivirus Pada Ponsel Android?

Perlukah Antivirus Pada Ponsel Android?

foto : android central

Perlukah Antivirus Pada Ponsel Android?

lebakcyber.net – Android merupakan sistem operasi pada smartphone yang saat ini sangat populer, bahkan di Indonesia saja pengguna sistem operasi Android pada smartphone sudah mencapai 80% dari total pengguna di seluruh Indonesia. Jadi tidak mengherankan kalau isu mengenai keamanan data sering menjadi permasalahan yang utama. Pertanyaannya adalah apakah perlu antivirus pada ponsel Android yang kamu gunakan?

Banyak pengguna yang menganggap bahwa solusi dari permasalahan keamanan pada smartphone Android adalah dengan menginstall aplikasi antivirus pada smartphone mereka, tapi apakah hal tersebut sepenuhnya berguna?

Bagi kamu yang menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android juga pasti pernah menanyakan hal yang sama, dan ada beberapa pengguna yang bahkan langsung memilih software aplikasi antivirus untuk diinstall setelah memiliki smartphone dengan sistem operasi Android terbarunya.

Advertisements

Dilansir dari halaman Quora.com, seorang Cyber Security Engineer bernama Siddharth Shankar mengatakan bahwa Android menjadi sistem operasi yang paling aman karena memiliki basis Linux Kernel yang memiliki modul khusus bernama Security-Enhanced Linux (SELinux).

Selain itu hampir semua aplikasi Android yang dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java yang paling aman karena berjalan dalam JAVA Virtual Machine (JVM) yang mengisolasi aplikasi yang berjalan menggunakan metode Sandboxing.

Selain itu Shankar juga menjelaskan bahwa para pengguna Android harus lebih hati-hati dan waspada kepada malware Android ketimbang Virus. Hal tersebut karena malware berupa aplikasi perusak yang memang dirancang untuk merusak perangkat yang digunakan.

Advertisements

Mulai dari pencurian data, nomor akun, password atau melacak lokasi tanpa sepengetahuan si penggunanya. Dan untuk lebih waspada terhadap malware yang ada di Android, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa pengguna Android ambil, diantaranya :

  • Selalu install aplikasi dari situs layanan resmi yaitu Google Play Store.
  • Perhatikan hak akses yang diminta aplikasi sebelum menginstall aplikasi.
  • Jangan akses situs-situs pornografi
  • Jangan klik link yang mencurigakan seperti misalnya promosi WhatsApp ataupun yang ada di email tanpa pengirim yang jelas.

Itulah beberapa jawaban dari pertanyaan apakah perlu menginstall aplikasi antivirus pada smartphone dengan sistem operasi Android. Tapi kalau kamu masih merasa khawatir tidak ada salahnya kok kalau kamu tetap menginstall aplikasi antivirus di smartphone android kamu.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *