Friday , October 23 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Nasib Windows 7 Akan Segera Berakhir

Nasib Windows 7 Akan Segera Berakhir

foto : internet

Nasib Windows 7 Akan Segera Berakhir

lebakcyber.net – Nasib Windows 7 akan segera berakhir. Pihak Microsoft sudah mengumumkan bahwa Windows 7 akan berakhir pada tanggal 14 Januari 2020. Dengan berakhirnya sistem operasi tersebut, perusahaan Microsoft tidak lagi akan merilis pembaruan keamanan ataupun patch untuk bug yang mungkin muncul.

Selain itu, Microsoft juga mengingatkan kepada para penggunanya bahwa dengan berakhirnya dukungan pada Windows 7 tersebut membuat sistem operasi tersebut akan rentan terhadap malware. Karenanya perusahaan ini juga mengingatkan agar para pengguna Windows 7 mulai beralih ke Windows 10.

Pihak Microsoft juga sudah menarik biaya untuk setiap pengguna yang ingin melakukan pembaruan pada sistem operasinya ke Windows 10. Tapi dikutip dari halaman Forbes, akses gratus untuk melakukan pembaruan ke sistem operasi terbaru dari Windows 7 ternyata masih dapat dilakukan.

Advertisements

Seperti diketahui bahwa Microsoft sempat memberikan akses bagi para pengguna sistem operasi Windows lawas untuk melakukan upgrade ke Windows 10 secara gratis. Akses tersebut juga dibuka sampai tahun 2016, namun berdasarkan laporan terbaru ternyata cara tersebut masih dapat digunakan.

Untuk melakukannya, kalian hanya perlu Windows 7 ataupun Windows 8 resmi di perangkat kalian. Selanjutnya kalian dapat mendownload Media Creation Tool Windows 10 melalui situs resminya.

Advertisements

Setelah proses download selesai, silahkan buka dan pilih setuju untuk seluruh lisensi yang ditampilkan. Selanjutnya kamu dapat memilih ‘Upgrade this PC now’ dan klik tombol ‘Next’.

Pilih ‘Keep personal files and apps’ agar memastikan bahwa data yang kalian miliki tidak terhapus dan selanjutnya klik Install. Setelah proses instalasi berakhir, buka Settings, klik Windows Update dan Activation untuk mengaktifkan lisensi digital Windows 10 di perangkat kalian.

Ganti Perangkat ke Versi Terbaru

Selain dengan menggunakan cara diatas, pihak Microsoft juga memberikan saran kepada para pengguna sistem opeasi Windows 7 untuk berganti ke perangkat yang lebih baru agar dapat merasakan pengalaman dengan Windows 10.

Saran tersebut ditulis di halaman resmi Microsoft. Perusahaan yang berbasis di Redmond tersebut beralasan Windows 10 dapat berjalan lebih optimal di perangkat baru.

Tulisan perusahaan tersebut berbunyi “Untuk pengguna Windows 7 kebanyakan, berganti ke perangkat baru dengan sistem operasi Windows 10 Pro merupakan cara yang kami rekomendasikan. Lebih lagi, harga rata-rata perangkat sekarang ini lebih terjangkau dibandingkan kebanyakan PC delapan tahun lalu”.

Selain itu, Microsoft juga memberikan rekomendasi untuk tidak memasang Windows 10 pada perangkat lawas. Alasannya beberapa perangkat Windows 7 tidak kompatibel atau fitur yang tidak tersedia.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

One comment

  1. Good thing windows 10 is very stable these days. Windows 7 was great but it is no longer necessary.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *