Tuesday , September 29 2020
Home » The Lounge » News » Mesin Pencari Pertama di Internet

Mesin Pencari Pertama di Internet

foto : Twitter

Mesin Pencari Internet Pertama di Dunia

lebakcyber.net – Mesin pencari internet pertama di dunia. Mungkin sekarang ini bagi para pengguna internet sudah terbiasa untuk melakukan pencarian di internet dengan menggunakan Google. Namun sebelum kemunculan Google, ada archie yang merupakan mesin pencari internet yang pertama ada di dunia.

Archie sendiri pertama kali dirilis kepada publik pada tanggal 10 September 1990. Mesin pencari tersebut pertamanya dikembangkan sebagai sebuah proyek sekolah oleh Alan Emtage dari McGill University di Motreal, Kanada.

Berdasarkan hasil wawancara dengan Digital Archeology, Emtage School melakukan kerjasama dengan beberapa mahasiswa pascasarjana di tahun 1989 pada departemen teknologi informasi dari universitas tersebut.

Advertisements

Pekerjaan Emtage mengharuskannya bisa menemukan sebuah software bagi para mahasiswa dan juga fakultas lain, selanjutnya mereka menuliskan beberapa baris kode yang dikenal sebagai Archie.

Selain Emtage, ada dua orang lagi temannya yaitu Bill Heelan dan juga Peter Deutshc yang menjadi pemain kunci dalam pengembangan Archie tersebut. Karenanya, mereka menuliskan skrip kode yang bisa membuat orang lain untuk masuk dan juga menggunakan mesin pencarian tersebut.

Advertisements

Dikutip dari halaman Mashable, Archie tidak sama dengan mesin pencari yang sekarang ini kita kenal. Pada saat pengguna masuk, para pengguna tersebut akan menemukan sebuah halaman berbasis teks dan juga beberapa pilihan parameter penelusuran. Saat itu tidak ada iklan ataupun grafik interaktif seperti yang sekarang ini kita temukan.

Pada masa-masa awal internet, Archie sendiri sebenarnya hanyalah sebuah indeks situs FTP atau File Transfer Protocol, dimana FTP tersebut pada dasarnya menjadi sebuah cara untuk mentransfer file antar komputer.

Setelah menemukan apa yang dicari dengan menggunakan Archie tersebut, para pengguna harus mendownload file yang mereka cari sebelum akhirnya dapat melihat apa yang ada didalamnya.

Dulu Archie belum sepintar Google yang dapat menggunakan kata kunci bahasa sehari-hari. Saat menggunakan Archie, pengguna harus memastikan untuk memberikan batasan pencarian pada satu kata yang benar-benar dengan yang mereka inginkan.

Setelah kehadiran Archie, barulah muncul mesin pencarian lainnya, seperti Veronica, Jughead dan pastinya juga membuka jalan bagi mesin pencari yang sekarang ini kita kenal seperti Google dan yahoo.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *