Monday , June 17 2019
Home / The Lounge / Intermezzo / Manfaat Micro Break Buat Programmer

Manfaat Micro Break Buat Programmer

foto : internet

Manfaat Micro Break Buat Programmer

lebakcyber.net – Pernah dengar istilah micro break? kalau belum pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat micro break buat programmer yang sering seharian duduk di depan komputer terus-terusan.

Micro Break adalah istilah untuk suatu aktivitas singkat yang dilakukan pada saat dikantor dalam rangka untuk memecah hal kemonotonan dalam pekerjaan yang dapat menguras fisik atau mental seseorang.

Micro break adalah istilah yang pertama kali digunakan pada akhir tahun 1980-an. Isitilah tersebut mencuat setelah hasil penelitian yang dilakukan oleh Institut Nasional untuk keselamatan dan kesehatan kerja Amerika Serikat.

Awalnya mereka ingin mencari tahun lebih banyak mengenai manfaat istirahat kilat. Berangkat dari pertanyaan apakah istirahat yang singkat dapat meningkatkan produktivitas seseorang dan apakah istirahat singkat dapat mengurangi tekanan dalam pikiran seseorang.

Subjek penelitiannya pada saat itu adalah 20 orang yang diminta untuk melakukan pekerjaan di lingkungan kantor buatan selama dua hari. Tugasnya sederhana saja namun cenderung membosankan, yaitu melakukan entry data secara berulang-ulang. Beberapa pesertanya diminta untuk melakukan micro break, sementara yang lainnya tidak.

Micro break ini bisa dilakukan dengan cara apa saja dan juga dimana saja. Bisa dilakukan dalam waktu beberapa menit saja atau bahkan beberapa detik. Misalnya saat kamu sedang sibuk di kantor dan mengerjakan suatu pekerjaan berulang-ulang seperti entry data, kamu bisa menyelinginya dengan membuat kopi, membaca thread viral atau melihat video lucu di Youtube.

Manfaat Micro Break

Micro break sendiri diklaim sangat bermanfaat untuk pegawai kantoran atau kamu yang bekerja sebagai programmer yang membutuhkan konsentrasi dalam pekerjaannya. Beberapa penelitian yang dilakukan selama tiga puluh tahun terakhir menyebut demikian. Micro break juga dapat bermanfaat untuk mengurangi stress di ruang kerja dan membuat konsentrasi menjadi lebih tinggi dan menjadikan pekerjaan menjadi lebih menyenangkan.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan saat melakukan micro break? Kalau itu sih tergantung dari hobi kalian masing-masing, tidak ada patokan apa yang harus dilakukan pada saat micro break, yang penting hal yang dilakukan saat melakukan micro break harus singkat dan sukarela.

Dari namanya saja sudah micro break, artinya istirahat yang dilakukan memang tidak terlalu lama durasinya. Selain itu juga harus sukarela alias tidak ada paksaan saat melakukannya. Selama dua fungsi tersebut terpenuhi dengan baik, apapun aktivitasnya akan jadi micro break yang baik dan bermanfaat untuk kamu.

Jadi buat kamu para programmer yang sering duduk manis didepan komputer, sebaiknya sering-sering melakukan micro break saat konsentrasi mulai menurun atau fisik mulai lelah agar konsentrasi kembali meningkat dan kamu siap melakukan pekerjaan lagi.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *