Monday , July 13 2020
Home » The Lounge » News » Konten Pelatihan Kartu Prakerja Banyak Tersedia Gratis di Youtube

Konten Pelatihan Kartu Prakerja Banyak Tersedia Gratis di Youtube

foto : Republika

Konten Pelatihan Kartu Prakerja Banyak Tersedia Gratis di Youtube

lebakcyber.net – Konten pelatihan kartu Prakerja banyak tersedia gratis di Youtube. KPK atau Komisi Pemberantasan Korupsi melihat konten pelatihan yang diberikan oleh kartu prakerja. Salah satunya adalah banyaknya materi dari kartu prakerja yang sebenarnya sudah banyak dan tersedia secara gratis di Youtube.

Hal tersebut merupakan hasil dari kajian yang dilakukan oleh KPK sehingga pihak KPK mengirimkan surat kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada tanggal 2 Juni 2020 lalu yang berisikan permintaan penyelenggaraan Kartu Prakerja untuk gelombang 4 dihentikan sementara dan untuk tiga gelombang sebelumnya agar diperbaiki dan dievaluasi.

Didalam hasil dari kajian yang dilakukan KOK mengenai konten pelatihan Kartu Prakerja memiliki potensi menimbulkan masalah. KPK sendiri mengutip riset dari Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia atau HILLSI pada tahun 2020 yang mengatakan hanya sebanyak 24 persen dari konten pelatihan kartu prakerja yang dapat dikatakan layak untuk menjadi pelatihan.

Advertisements

Berdasarkan hasil dari survei yang dilakukan KPK kepada 327 konten pelatihan, sebanyak 89 persen konten pelatihan di Program Kartu Prakerja sudah tersedia secara gratis di Youtube dan halaman www.prakerja.org. Pihak KPK juga mengatakan bahwa penilaian konten pelatihan tidak melibatkan ahli.

Berdasarkan kajian tersebut, pihak KPK menyarankan agar proses penyelenggaraan atau PMO dari kartu prakerja menuangkan pedoman kurasi materi pelatihan dengan bentuk petunjuk teknis.

Advertisements

PMO juga sebaiknya melibatkan ahli yang kompten dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dalam hal menyusun standar materi dari pelatihan dan juga sertitikasi pelaksana program.

Kartu Prakerja Dihentikan Sementara

Pendaftaran untuk program Kartu Prakerja gelombang 4 sendiri sudah dihentikan semenjak pertengahan bulan Mei 2020 lalu berdasarkan rekomendasi dari KPK.

Rudy Salahuddin selaku Kemenko Perekonomian mengatakan bahwa kajian yang dilakukan KPK tersebut sudah ditindaklanjuti dan Kemenko Perekonomian juga telah mengadakan rapat mengenai masalah tersebut yang juga dihadiri oleh ketua KPK langsung, Kepala BPKP, Kepala LKPP, Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara), pihak kepolisian dan juga Jaksa Agung.

Rudy Salahuddin juga membenarkan mengenai perbaikan dari tata kelola tersebut membuat pendaftaran untuk kartu Prakerja gelombang 4 belum akan dibuka kembali sampai sekarang. Dirinya juga tidak bisa memberikan tanggal pasti kapan pendaftaran kartu prakerja gelombang 4 tersebut akan kembali dibuka.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *