Tuesday , July 17 2018
Home / Jaringan / Jenis Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauannya

Jenis Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauannya

foto : internet

Jenis Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauannya

lebakcyber.net – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis jenis jaringan berdasarkan jangkauannya. Karena seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, jaringan komputer tidak hanya dapat dimanfaatkan dalam satu ruangan yang sama saja.

Penggunaan komputer saat ini sudah tidak terbatas pada penggunaan single user saja, namun sekarang pengguna komputer dapat saling berhubungan satu dengan lainnya dengan memanfaatkan internet, dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai jenis jenis jaringan berdasarkan jangkauannya.

Jaringan komputer saat ini sudah terdiri dari berbagai macam jenis dan berikut ini adalah jenis jenis jaringan komputer yang biasa digunakan sehari-hari.

Jaringan LAN (Local Area Network)

Jenis Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauannya
foto : internet

Jaringan LAN atau Local Area Network) merupakan tipe jaringan yang paling sederhana dan juga memiliki ruang lingkup yang sangat kecil. Biasanya jaringan LAN ini hanya digunakan dalam satu ruangan kecil seperti jaringan rumah, sekolah ataupun warung internet.

Model jaringan LAN memungkinkan komputer yang ada didalam satu ruangan dapat saling terhubung dan terkoneksi satu sama lain dan hanya bisa berjalan pada radius beberapa meter saja dan bisa dikatakan kalau jaringan LAN ini merupakan jaringan terkecil jika dibandingkan dengan jenis jenis jaringan yang nanti akan kita bahas selanjutnya.

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Jenis Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauannya
foto : internet

Jaringan MAN atau Metropolitan Area Network merupakan kumpulan dari beberapa jaringan LAN yang dikumpulkan menjadi satu kesatuan sehingga dapat tersambung dalam ruang lingkup yang lebih besar. Biasanya jaringan MAN ini digunakan untuk menghubungkan komputer melalui jaringan pada satu kota tertentu.

Dengan menggunakan jaringan MAN ini, para pengguna komputer dapat saling berhubungan walaupun lokasi mereka tidak saling berdekatan, misalnya pengguna komputer 1 dapat saling berhubungan dengan pengguna komputer 2 walaupun lokasi mereka berada di gedung yang berbeda namun masih dalam satu kota yang sama.

Jaringan WAN (Wide Area Network)

Jenis Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauannya
foto : internet

jaringan WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan yang paling luas jangkauannya, dalam hal ini contohnya adalah internet yang biasa kita gunakan sehari-hari. Dengan menggunakan jaringan WAN pengguna komputer bisa saling berhubungan dengan pengguna komputer lainnya walaupun terpisah negara atau benua sekalipun.

Teknologi yang ada pada jaringan WAN ini menggunakan kabel yang terletak di dalam tanah dan ada juga yang di dasar laut. Dengan begitu cakupan jaringan WAN menjadi jauh lebih luas jika dibandingkan dengan jaringan LAN ataupun MAN karena bisa menghubungkan komputer antar negara dan juga benua.

Kabel jaringan yang biasa digunakan pada jaringan WAN adalah kabel fiber optic yang cukup kuat sehingga tidak mudah mengalami kerusakan walaupun tertanam didalam tanah ataupun didalam lautan.

Sepertinya sampai disini saja pembahasan kita mengenai jenis jenis jaringan berdasarkan jangkauannya, semoga informasi sederhana ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mempelajari tentang jaringan.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *