Tuesday , March 31 2020
Home » The Lounge » Tips dan Trik » Ini Dia Cara Cek Nomor IMEI

Ini Dia Cara Cek Nomor IMEI

foto : okezone

Ini Dia Cara Cek Nomor IMEI

lebakcyber.net – Ini dia cara cek nomor IMEI. Pemerintah sudah mulai menerapkan peraturan mengenai IMEI agar mencegah beredarnya ponsel ilegal pada tanggal 18 April 2020 nanti. Ponsel yang nantinya terdeteksi memiliki IMEI ilegal akan langsung diblokir dan tidak bisa mendapatkan sinyal dari jaringan operator.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk cerdas dan juga kritis dalam membeli ponsel setelah aturan mengenai IMEI tersebut mulai diberlakukan. Salah satu caranya adalah dengan melalukan pengecekan IMEI yang dapat diakses melalui website resmi Kementrian Perindustrian melalui link berikut : CEK IMEI.

Kalau IMEI pada ponsel kalian belum terdaftar, ada kemungkinan kalau ponsel yang kalian gunakan adalah ponsel ilegal. Sebelum mengunjungi situs kemenprin untuk melakukan pengecekan email tersebut, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengetahui nomor IMEI pada ponsel yang kalian gunakan.

Advertisements

Melalui Menu Pengaturan

Cara selanjutnya adalah melalui menu pengaturan. Pada perangkat smartphone iPhone, kalian bisa masuk ke menu Settings – General – About, nantinya perangkat iPhone kalian akan menampilkan nomor IMEI pada menu tersebut.

Sedangkan pada perngkat Android kalian bisa mengakses nomor IMEI melalui menu Setting – About Phone – Status. Dan nomor IMEI juga akan ditampilkan pada menu Status tersebut.

Advertisements

Bagian Belakang Ponsel

Saat kalian membeli ponsel baru, biasanya pada bagian belakangnya terdapat stiker nomor IMEI dari ponsel tersebut. Namun memang belum semua vendor smartphone menyertakan nomor IME di bagian belakang ponsel yang mereka buat.

Didalam Kotak Ponsel

Cara untuk mengecek nomor IMEI juga bisa dilihat didalam kotak ponsel. Biasanya nomor IMEI berada bersama serial number dari smartphone tersebut.

Dengan Menekan *#06#

Kalau kalian tidak menemukan nomor IMEI pada bagian belakang ponsel atau smartphone yang kalian miliki, atau IMEI juga tidak ada didalam kotak smartphone. Kalian bisa menggunakan cara yang paling mudah ini.

Kalian hanya tinggal menekan tombol *#06# pada menu panggilan telepon dan nantinya nomor IMEI perangkat ponsel kalian akan secara otomatis ditampilkan di layar.

Oke jadi itulah beberapa cara cek nomor IMEI pada perangkat smartphone kalian. Pastikan sebelum membeli smartphone baru untuk mengecek IMEI dan mengunjungi situs kemenprin yang linknya ada diatas untuk melakukan pengecekan apakah IMEI tersebut sudah terdaftar atau belum.

 

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *