Friday , September 20 2019
Home / Android / Ini Dia Cara Android Bentengi Diri Dari Virus

Ini Dia Cara Android Bentengi Diri Dari Virus

foto : thehackernews.com

Ini Dia Cara Android Bentengi Diri Dari Virus

lebakcyber.net – Tidak dapat dipungkiri kalau kini Android menjadi sisem operasi paling populer di dunia, namun hal tersebut menjadikan Android sebagai sasaran program-program jahat maupun virus. Menyadari hal tersebut, Google sudah menyiapkan beberapa teknik untuk mengatasi masalah tersebut dan ini dia cara Android bentengi diri dari virus.

Adrian Ludwig selaku Direktur Teknik untuk keamanan Android mengatakan Android memang banyak penggunanya dan pihak Google juga melakukan peningkatan keamanan. Hal tersebut dilakukan semata untuk keamanan para pengguna Android.

Google sendiri mengaku sudah merekrut banyak sumber daya manusia untuk terus dapat mengembangkan sistem operasi Android agar lebih aman dari berbagai macam serangan. Dan Google menempatkan mereka di berbagai negara.

Google sendiri juga sudah menghadirkan fitur Google Play Protect yang bisa menjaga Android dari berbagai aplikasi yang bisa menjadi ancaman dan berbahaya. Google Play Protect dapat menemukan ancaman dan ketika menemukan ancaman tersebut langsung ditangani seketika itu juga.

Untuk melihat fitur Google Play Protect bisa dilihat di bagian My Apps di Play Store dan dapat juga ditemukan di menu settings pada bagian Security and Location.

Ludwig juga mengatakan kalau Google Play Protect saat ini sudah tersedia di dua miliar perangkat Android di seluruh dunia. Dan secara rutin setiap harinya aplikasi ini memindai keamanan satu miliar perangkat Android dan melakukan pengecekan pada 50 miliar aplikasi. Google Play Protect sendiri tersedia untuk Android versi Gingerbread sampai Oreo.

Google juga membuka API Google Play Protect untuk bisa meningkatkan keamanan Android dan tidak berhenti disitu Google juga mengerahkan machine learning.

Machine learning sendiri adalah sistem yang dapat melakukan analisa lebih mendalam sehingga lebih efektif dalam mengatasi ancaman dan mengidentifikasi resiko yang baru.

Selain itu Google juga mengembangkan ekosistem program keamanan. Google bekerja sama dengan pengembang aplikasi, pembuat perangkat dan juga para peneliti keamanan dan memberikan hadiah bagi mereka yang berhasil menemukan celah keaman di Android.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat

Android Q Beta Akan Hadir di Banyak Perangkat lebakcyber.net – Setelah merilis Android Pie, Sekarang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *