Thursday , January 24 2019
Home / The Lounge / Kabar Tekno / Fitur Baru di Update Windows 10 Bulan Ini

Fitur Baru di Update Windows 10 Bulan Ini

foto : Microsoft

Fitur Baru di Update Windows 10 Bulan Ini

lebakcyber.net – Update Windows 10 bulan Oktober 2018 ini sudah mulai dirilis secara bertahap. Kamu hanya tinggal mengunjungi halaman Windows Update untuk mendownload Update ini secara manual. Dan berikut ini fitur baru di update Windows 10 bulan ini.

Atau bisa juga menunggu sampai pihak Microsoft merilisnya dan tersedia untuk semua PC pada minggu depan. Seperti yang diketahui, Microsoft memberikan beberapa pilihan install update sehingga tidak mengganggu saat PC sedang digunakan.

Dikutip dari halaman The Verge, pembaruan ini tentunya meliputi beberapa fitur baru dan meningkatkan kemampuan dari Windows 10 untuk bekerja, bermain game dan juga menggabungkan keduanya.

Lalu apa saja sih fitur baru di update Windows 10 bulan ini, yuk kita simak ulasannya dibawah ini :

Peningkatan performa Aplikasi Your Phone

Pihak Microsoft sendiri fokus membuat sistem operasi Windows 10 dapat membuat sistem operasi Android dan iOS bisa bekerja lebih baik dengan Windows 10. Dan aplikasi Your Phone yang baru dirancang untuk mengatasi hal tersebut.

Aplikasi Your Phone Sendiri didesain agar bisa mensinkronkan data dari pengguna smartphone langsung ke di desktop. Data seperti foto, SMS dan juga notifikasi dari ponsel bisa langsung diakses melalui desktop Windows 10.

Selain itu Fitur Andalan dari Your Phone adalah kemampuannya untuk mengirim SMS dari Desktop menggunakan ponsel Android. Dan untuk saat ini baru beberapa perangkat Android saja yang dapat menggunakan fitur tersebut.

Search Previews

Windows 10 search memang dijanjikan akan lebih mengalami perubahan secara signifikan di tahun depan. Sebelum itu, update Windows 10 Oktober 2018 sudah memperkenalkan preview search di menu Start.

Hasil pencariannya akan secara otomatis muncul di panel new preview saat kamu mulai melakukan pencarian. Fitur ini secara khusus dimanfaatkan untuk mencari dokumen dan konten pencarian akan ditampilkan sebagai preview di hasil pencarian.

Cloud Clipboard

Fitur Baru di Update Windows 10 Bulan Ini
foto : Microsoft

Kamu bisa mengakses history secara lebih lengkap dengan menekan tombol kombinasi Windows + V. Dengan menggunakan shortcut tersebut semau data clipboard di perangkat windows 10 akan tersinkronisasi.

Fitur tersebut juga berguna kalau kamu memiliki PC dengan sistem operasi Windows 10 di rumah atau kantor dan laptop yang sering dibawa-bawa. Microsoft juga menghadirkan dukungan cloud clipboard untuk SwiftKey ke depannya.

Hal tersebut memungkinkan kamu meng-copy atau paste data di antara perangkat mobile dan Windows 10. Hal tersebut akan membuat Cloud Clipboard lebih berguna pada semua perangkat.

Tema Gelap Untuk File Explorer

Beberapa waktu yang lalu pihak Microsoft merilis fitur dark mode atau mode dengan nuansa gelap pada saat dibuka agar mata penggunanya tidak mudah lelah, dan sekarang fitur tersebut hadir juga di File Explorer.

Mode gelap tersebut menghadirkan perubahan yang dramatis dari tampilan File Explorer reguler yang biasanya tampil dengan warna putih dan terang.

Tool Screenshot Baru

Microsoft sedang meningkatkan cara agar para pengguna dapat mengambil screenshot di Windows 10. Screenshot Sketch yang sebelumnya di bundling dalam Windows Ink saat ini menjadi aplikasi terpisah yang digunakan untuk mengambil screenshot dan tersedia pilihan untuk memberi catatan atau coretan pada screenshot tersebut.

Dengan menekan shortcut tombol Winkey + Shift + S nantinya akan memunculkan tool yang dapat dipilih untuk mengambil screenshot dan menyalinnya ke clipboard.

Fitur Game Bar yang Baru

Microsoft juga membuat beberapa perubahan pada fitur Game Bar di Windows 10. Pengguna sekarang bisa melihat penggunaan CPU dan GPU di Game Bar di samping rata-rata fps.

Kalau kamu melakukan streaming, fitur ini akan sangat berguna untuk melihat apakah ada yang memperlambat kinerja mesin. Selain itu Game Bar juga menyertakan kontrol audio yang jauh lebih baik sehingga kamu bisa mengontrol apa yang sedang diambil saat streaming game.

Dukungan HDR yang lebih baik

foto : microsoft

Kalau kamu memiliki monitor HDR premium game atau melihat film, update ini cocok untuk kamu. Microsoft akan mempermudah pemasangan HDR di WIndows 10 dan memastikannya aktif untuk aplikasi dan game yang mendukungnya.

Sebelumnya, dukungan HDR di Windows 10 cukup berantakan, sehingga pada update ini Microsoft berusaha untuk memperbaiki kemampuannya secara signifikan dan memudahkan pengaturannya.

Update ini juga menghadirkan dukungan untuk GPU Ray Tracing Nvidia. Dimana Microsoft dan Nvidia bekerjasama menggarap Ray Tracing dan DirectX sekarang mendukungnya dengan update terbaru.

Penggunaan Power pada Task Manager

Kemampuan Task Manager kembali ditingkatkan pada update Windows 10 kali ini. Sekarang Microsoft akan memungkinkan kamu melihat aplikasi apa saja yang paling banyak memakan baterai bagi pengguna Laptop.

Tab baru yang ada pada Task Manager akan mengkategorikan aplikasi kedalam penggunaan daya mereka, sehingga kamu bisa menutup aplikasi yang menggunakan banyak daya baterai saat kamu menggunakan laptop.

Oke jadi itulah beberapa fitur baru di update Windows 10 bulan ini yang bisa kamu dapatkan kalau melakukan proses update Windowns 10 sekarang juga.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *