Thursday , May 13 2021
Home » Linux » Cara Install Postman di Ubuntu

Cara Install Postman di Ubuntu

Cara Install Postman di Ubuntu

lebakcyber.net – Cara install Postman di Ubuntu. Postman merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan testing API atau Application Programming Interfaces.

Aplikasi Postman juga merupakan aplikasi cross platform yang bisa berjalan di sistem operasi Windows, Linux dan juga macOS.

API sendiri merupakan sebuah interface diantara dua program yang digunakan oleh sebuah aplikasi agar dapat saling berkomunikasi dengan aplikasi lainnya.

Advertisements

Tanpa berlama-lama langsung saja bagaimana caranya agar kita dapat mengisntall aplikasi Postman ini pada sistem operasi Ubuntu. Jadi simak terus pembahasannya ya.

1. Buka Terminal

Kita akan menggunakan terminal untuk melakukan proses instalasi Postman pada sistem operasi Ubuntu atau distro linux apapun yang teman-teman gunakan. Jadi silahkan buka terminal dengan menggunakan perintah Ctrl+Alt+T lalu login sebagai admin.

Advertisements

2. Download Aplikasi Postman untuk Ubuntu

Setelah terminal terbuka dan teman-teman sudah login sebagai admin, selanjutnya masukan perintah dibawah ini untuk mendownload aplikasi Postman langsung melalui situsnya :

wget https://dl.pstmn.io/download/latest/linux64

3. Extract Aplikasi Postman

File yang kita download menggunakan perintah diatas masih dalam bentuk arsip, dan langkah selanjutnya kita akan mengekstraknya ke folder /usr/bin dengan menggunakan perintah seperti dibawah ini :

sudo tar -xvf linux64 -C /usr/bin

4. Memasukan Postman Ke PATH system

Langkah selanjutnya adalah memasukan aplikasi Postman kedalam path system dengan menggunakan perintah seperti dibawah ini :

export PATH=$PATH:/usr/bin/Postman

Sekarang, untuk mencoba menjalankan postman, silahkan buka terminal lalu masukan perintah :

Postman

5. Membuat Launcher dan Shortcut Desktop

Agar kita tidak selalu memabuka terminal lalu mengetikan Postman setiap kali ingin menggunakan aplikasi tersebut maka kita buat shortcut desktop dan juga launchernya dengan menggunakan perintah :

sudo nano /usr/share/applications/Postman.desktop

Lalu copy perintah dibawah ini :

[Desktop Entry]
Name=Postman API Tool
GenericName=Postman
Comment=Testing API
Exec=/usr/bin/Postman/Postman
Terminal=false
X-MultipleArgs=false
Type=Application
Icon=/usr/bin/Postman/app/resources/app/assets/icon.png
StartupWMClass=Postman
StartupNotify=true

Selanjutnya simpan file dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + O lalu tekan tombol Enter dan untuk keluar tekan tombol kombinasi Ctrl + X. Lalu copy shortcut yang sudah dibuat tersebut ke desktop dengan menggunakan perintah :

cp /usr/share/applications/Postman.desktop ~/Desktop/

Setelah Postman muncul di desktop, silahkan klik kanan pada icon Postman tersebut lalu pilih “Allow launching“.

Selain itu teman-teman juga bisa menjalankan aplikasi Postman melalui Application Launcher di Ubuntu dengan mengetikan postman, nanti akan muncul icon aplikasi Postman lalu klik icon postman tersebut untuk membuka aplikasinya seperti gambar dibawah ini :

Cara Install Postman di Ubuntu
Cara Install Postman di Ubuntu

Nanti aplikasi Postman akan terbuka, tampilannya seperti pada gambar dibawah ini :

Cara Install Postman di Ubuntu

Sekarang aplikasi Postman sudah dapat digunakan. Oke jadi seperti itulah bagaimana cara untuk melakukan proses aplikasi Postman yang dapat kita gunakan untuk melakukan pengetesan API pada aplikasi yang sedang kita buat.

Semoga tutorial sederhana ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, dan jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan informasi dan tutorial mengenai dunia IT lainnya. Sampai jumpa.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *