Tuesday , November 19 2019
Home / The Lounge / Tips dan Trik / Cara Install DotNet 3.5 Di Windows 10 Secara Offline

Cara Install DotNet 3.5 Di Windows 10 Secara Offline

Cara Install DotNet 3.5 Di Windows 10 Secara Offline – Dikutip dari Wikipedia, DotNet framework atau lebih dikenal dengan singkatan dotnet merupakan sebuah perangkat lunak kerangka kerja yang berjalan utamanya pada sistem operasi Microsoft Windows, saat ini .NET Framework umumnya telah terintegrasi dalam distribusi standar Windows (mulai dari Windows Server 2003 dan versi-versi Windows yang lebih baru).

Kerangka kerja ini menyediakan sejumlah besar pustaka pemrograman komputer dan mendukung beberapa bahasa pemrograman serta interoperabilitas yang baik sehingga memungkinkan bahasa-bahasa tersebut berfungsi satu dengan lain dalam pengembangan sistem.

Berbeda halnya dengan tipikal aplikasi konvensional umumnya, program yang ditulis dengan memanfaatkan .NET Framework berjalan pada lingkungan perangkat lunak melalui Common Language Runtime, dan bukan perangkat keras secara langsung.

Advertisements

Hal ini memungkinkan aplikasi yang dibuat di atas .NET secara teoretis dapat berjalan pada perangkat keras apapun yang didukung oleh .NET Framework. Perangkat lunak ini adalah kunci penawaran utama dari Microsoft, dan dimaksudkan untuk digunakan oleh sebagian besar aplikasi aplikasi baru yang dibuat untuk platform Windows.

Saat melakukan proses instalasi windows 8.1 ataupun windows 10, secara default versi dotnet yang diinstall adalah DotNet framework dengan versi 4.0. Lalu bagaimana caranya agar kita dapat melakukan proses instalasi dotnet untuk versi 3.5 kebawah?

Cara Install DotNet 3.5 Di Windows 10 Secara Offline

  • Jika kamu memliki DVD instalasi windows 10 silahkan masukan DVD instalasi tersebut ke dvd rom, atau jika kamu memiliki file instalasinya dalam bentuk iso, silahkan mount file iso windows 10 tersebut kedalam dvd virtual seperti daemon ataupun ultraiso.
  • Buka command prompt sebagai Administrator dengan cara klik kanan cmd lalu pilih run as administrator.
  • Setelah cmd tebuka, ketikan perintah berikut ini :

Dism /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /All /Source:F:\sources\sxs /LimitAccess

  • Perhatikan bagian Source:F yang diberi warna merah, silahkan ganti drive letter F tersebut sesuai dengan drive letter dimana kamu memasukan DVD ataupun mounting file iso windows 10
  • Jika sudah selesai nanti informasi yang ditampilkan oleh command prompt seperti gambar berikut ini :

Cara Install DotNet 3.5 Di Windows 10 Secara Offline

Oke itulah bagaimana cara melakukan proses instalasi dotnet framework 3.5 di windows 10 secara offline. Caranya sangat mudah bukan? Sekarang kalian sudah bisa menjalankan aplikasi atau software yang membutuhkan dotnet framework versi 3.5 kebawah. Jangan lupa untuk selalu berkunjung ke lebakcyber.net untuk mendapatkan tutorial komputer lainnya.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *