Monday , May 20 2024

Cara Cek Apakah Data Pribadimu Bocor di Internet

foto : GBHackers

Cara Cek Apakah Data Pribadimu Bocor di Internet

lebakcyber.net – Cara Cek Apakah Data Pribadimu Bocor di Internet. Pernahkan teman-teman berpikir mengenai data pribadi yang teman-teman miliki bocor di internet? Untuk mengetahui kebocoran data pribadi di internet, beberapa situs ini dapat digunakan untuk melakukan pengecekan apakah data teman-teman bocor di internet. Dan teman-teman bisa melakukannya sekarang juga.

Terkadang beberapa pengguna internet baru sadar kalau ternyata datanya telah diretas setelah terjadi serangan yang mencoba untuk mengambil alih akun contohnya. Sebaiknya teman-teman jangan sampai harus menunggu hal tersebut menimpa teman-teman, karena kejadian seperti itu dapat dicegah.

Seperti yang telah dikabarkan oleh CNN Indonesia, dibawah ini adalah beberapa website yang bisa teman-teman gunakan untuk melakukan pengecekan apakah terjadi kebocoran data seperti email dan password teman-teman.

Firefox Monitor

Untuk mengetahui apakah alamat email dan juga password email milik teman-teman bocor atau tidak, teman-teman bisa menggunakan Firefox Monitor. Caranya sangat mudah, teman-teman hanya perlu mengunjungi situs firefoxmonitor.com dan masukan alamat email yang teman-teman miliki.

Avast

Teman-teman bisa melakukan pengecekan kebocoran data pribadi melalui situs avast.com. Caranya juga cukup mudah, cukup masuk ke alamat www.avast.com/hackcheck/.

Nantinya Avast akan mengirimkan email yang memberitahukan berapa kali password dari email yang teman-teman miliki bocor serta web apa saja yang terhubung kepada email tersebut.

Have I Been Pwned

Situs ini bisa melakukan pelacakan peretasan email. Teman-teman hanya perlu memasukan email ke situs haveibeenpwned.com agar bisa mengetahui apakah email teman-teman sedang terancam. Untuk menggunakan fitur pengecekan di situs ini, teman-teman tidak harus melakukan login, karena teman-teman hanya perlu memasukan alamat email yang ingin dicek saja.

DeHashed

Web dehashed.com bisa digunakan untuk mengentahui apakah identitas seperti nama muncul pada daftar yang diretas. Teman-teman juga dapat melihat dimana saja password yang teman-teman gunakan mengalami kebocoran.

Nantinya teman-teman bisa melihat apakah ada kebocoran data pada email yang teman-teman gunakan yang tersambung ke layanan digital seperti dompet digital dan juga e-commerce.

Oke jadi itulah beberapa situs website yang teman-teman bisa gunakan untuk melakukan pengecekan apakah informasi pribadi teman-teman bocor di internet atau tidak. Selamat mencoba.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *