Saturday , May 25 2024

Zuckerberg Ubah Julukan Karyawan Jadi Metamates

Zuckerberg Ubah Julukan Karyawan Jadi Metamates

lebakcyber.net – Zuckerberg Ubah Julukan Karyawan Jadi Metamates. Dalam melakukan proses rebrandingnya, Mark Zuckerberg selaku CEO dari Meta Mark mengganti sebutan untuk semua karyawannya menjadi Metamates, dimana sebelumnya para karyawan Facebook dikenal dengan julukan Facebookers.

Selain mengubah sebutan bagi para karyawannya, Zuckerberg juga merubah urutan dari kepentingan di perusahaan, dimana para karyawan harus mengutamakan perusahaan (Meta) yang diikuti dengan rekan sesama pekerja (Metamates) dan terakhir Individu (Me).

Zuckerberg juga mengatakan dalam sebuah rapat internal kalau Meta sekarang mengusung ‘Move Fast Together” yang menjadi slogan perusahaan. Dimana sebelumnya slogan yang digunakan adalah “Move fast and break things” yang sangat legendaris sebelum akhirnya diganti menjadi “Move fast”.

Dilansir dari halaman The New York Post, Sabtu (19-02-2022) Zuckerberg dalam halaman facebooknya menuliskan “Sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperbarui budaya dan juga nilai sistem operasi Kami”.

Perubahan slogan dan juga julukan perusahaan tersebut ternyata disambut dengan ejekean dari beberapa karyawan Meta dan juga Netizen. Beberapa karyawan mengatakan kalau nilai perusahaan tersebut terlihat seperti sebuah bentuk indoktrinasi.

Andrew Bosworth selaku Chief Technology Officer Facebook mengatakan kalau ucapan “Meta, Metamates dan juga Me” merujuk kepada istilah angkatan laut yang sebenarnya juga sudah digunakan oleh Instagram. Dimana Instagram menggunakan istilah “Ship, Shipmates dan Self”.

Bosworth dalam cuitannya juga mengatakan kalau istilah metamates diciptakan oleh penulis Douglas Hofstadter pada saat seorang karyawan menghubunginya untuk mencari sebuah ide.

Namun penjelasan dari Bosworth tersebut malah disindir oleh para karyawan Meta. Dimana dalam chat internal, salah seorang karyawan dari Meta mengatakan “Apakah artinya ini kita sedang berada di kapal yang sedang tenggelam?”.

Sindiran tersebut juga bukan hanya datang dari para karyawan Meta saja, namun juga dari para Netizen di media sosial. Salah seorang Netizen mengatakan kalau julukan metamates malah terdengar seperti sebuah aplikasi kencan di metaverse. Selain itu ada juga yang mengatakan kalau nama tersebut terdengar seperti seperti nama yang dibuat oleh anak-anak.

Salah seorang pengguna Twitter mengeluarkan cuitan “Metamates? Mirip seperti metastasis” dimana metastasis adalah sebuah penyebaran sel kanker yang sulit untuk dikendalikan.

Ada juga yang Netizen yang mengatakan kalau istilah tersebut terdengar seperti sebuah merk kondon yang merupakan sebuah merk kondom Mates yang beredar di Inggris.

Sepertinya perubahan sebutan bagi para karyawan Facebook tersebut menjadi metamates semakin menunjukan obsesi seorang Mark Zuckerberg yang ingin mewujudkan ambisi metaversenya. Bahkan beberapa bulan lalu, Facebook mengubah namanya menjadi Meta agar lebih mencerminkan ambisi tersebut.

Namun sepertinya upaya Mark Zuckerberg agar bisa mewujudkan metaverse tidak selalu berjalan mulus. Reality Labs yang merupakan divisi Meta mengenai VR, AR dan juga metaverse sudah mengalami kerugian sebesar USD 3,3 miliar walau sudah berhasil meraup pendapatan sebesar USD 877 juta.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *