Tuesday , June 2 2020
Home » The Lounge » Kabar Tekno » Zoom Tingkatkan Fitur Keamanannya

Zoom Tingkatkan Fitur Keamanannya

foto : zoom.us

Zoom Tingkatkan Fitur Keamanannya

lebakcyber.net – Zoom tingkatkan fitur keamanannya. Pihak Zoom mengumumkan beberapa kemampuan mengenai fungsi keamanan dan juga perlindungan privasi pada Zoom versi 5.0. Ini merupakan salah satu tonggak utama pada program security plan 90 hari yang baru saja diluncurkan oleh pihak Zoom.

Perbedaan yang paling utama dari Zoom versi terbaru dengan versi Zoom sebelumnya adalah adanya penambahan dukungan pada enkripsi ACM 256-bit GCM. Dimana enkripsi tersebut memang dirancang untuk dapat meningkatkan perlindungan pada data rapat dan juga resistensi gangguan.

Dikutip dari halaman ARNet, tingkat enkripsi baru yang dimiliki oleh Zoom tersebut akan tersedia pada perangkat Zoom Meeting, Zoom Phone dan juga Zoom Video Webinar. Zoom juga nantinya akan mengarahkan kepada para penggunanya pada halaman download agar bisa melakukan update software.

Advertisements

Pada pernyataannya, pihak Zoom mengatakan kalau pemberdayaan akun pada semua sistem akan mulai diberlakukan dalam waktu dua bulan kedepan setelah semua akun diaktifkan dengan GCM.

Zoom versi 5.0 juga dapat memungkinkan para administrator akun agar bisa memutuskan pusat data mana yang mereka ingin gunakan untuk rapat dan juga melakukan webinar yang dihosting akun mereka.

Advertisements

Oded Gal, selaku Chief Product Office Zoom mengatakan bahwa pihak mereka mengambil pandangan secara menyeluruh mengenai privasi pengguna dan juga keamanan pada platform mereka. Jadi dari jaringan Zoom ke fitur dan juga fitur yang pihak Zoom lakukan untuk pengalaman para penggunanya semuanya dilakukan dengan pengawasan yang ketat.

Gal berpendapat bahwa enkripsi ACM 256-bit GCM bisa menjadi lebih baik dalam hal mengamankan data para pengguna saat proses transit.

Gal juga menambahkan bahwa dengan jutaan pengguna baru tersebut akan dapat memastikan bahwa mereka memiliki akses instan ke kontrol keamanan penting pada setiap rapat online yang penggunanya lakukan.

Beberapa kasus mengenai keamanan memang membuat pihak Zoom sangat reaktif. Walau begitu, harus diakui kalau Zoom sangat cepat dalam mengambil tindakan. Segera setelah menerima banyak laporan, pihak Zoom langsung bekerja keras untuk meningkatkan layanannya.

Karena terus menerus menjadi sorotan karena masalah keamanan yang dimilikinya, Eric Yuan selaku pendiri dan juga CEO Zoom secara terbuka meminta maaf kepada para pengguna karena masalah keamanan yang menimpa aplikasi mereka tersebut pada beberapa minggu terakhir.

Dikutip dari halaman The Verge, Yuan mengatakan sudah jelas mereka memiliki banyak hal yang harus dilakukan agar dapat memastikan keamanan berdasarkan use cases pengguna baru-baru ini.

About Firdan Ardiansyah

Admin di lebakcyber.net Untuk berhubungan dengan saya, silahkan kirim email ke : firdan@lebakcyber.net

Check Also

Saran BSSN agar tidak jadi korban Zoombombing

Saran BSSN Agar Tidak Jadi Korban Zoombombing

Saran BSSN Agar Tidak Jadi Korban Zoombombing lebakcyber.net – Saran BSSN agar tidak jadi korban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *